Cara Cerdas Kelola Keuanganmu untuk Mencapai Impian

cara cerdas kelola keuanganmu

Hi Sob, ingin tau cara cerdas kelola keuanganmu untuk mencapai impianmu sob?

Sebelumnya, saya adalah seseorang yang sulit untuk disiplin nabung sob. Saat ini saya memiliki bisnis, dan ingin sekali bisa rutin menyisihkan sebagian pendapatan bisnis perbulannya untuk THR lebaran. Tadinya bingung bagaimana supaya bisa disiplin menyisihkan penghasilan. Hingga saya tahu bahwa ternyata ada fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di BNI Internet Banking yang sangat bermanfaat. Fitur ini membantu saya dalam mengelola dana THR bisnis saya sob. Jadi, saya sudah lebih tenang untuk menyiapkan dana THR lebaran tahun depan.

Fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di BNI Internet Banking  sudah membantu saya dalam mengatasi permasalahan menyisihkan dana untuk THR. Nah, sekarang saya bagikan tips dan cara menggunakan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di BNI Internet Banking kepada sobat untuk membantu sobat mencapai impian yang belum tercapai.

Mungkin, sobat punya impian yang belum tercapai karena sobat sulit mengelola keuangan pribadi? Misalnya, sobat ingin umroh ke tanah suci, jalan-jalan ke luar negeri, punya gadget atau kendaraan baru, bayar biaya pendidikan, atau impian-impian sobat lainnya, namun sobat sulit menahan diri kalau liat saldo di rekening digit-nya bedempet. Alhasil sobat jadinya tidak pernah mencapai impian tersebut.

Kalau sobat tahu saldo di rekening banyak, rasanya susah tahan nafsu belanja. Berkat bantuan teknologi yang memang memudahkan kita bertransaksi, tinggal tarik di ATM, gesek di mesin debit, atau transfer via Internet Banking, justru malah semakin susah menahan pengeluaran. Padahal terkadang yang dibeli tidak begitu penting, namun tetap saja nafsu melihat barang diskon di berbagai toko, online shop, atau marketplace membuat aliran kas keluar menjadi deras.

Supaya sobat bisa menghindari hawa nafsu belanja sobat yang bikin impian sobat sulit tercapai, kali ini saya kasih tips buat sobat supaya bisa lebih cerdas dalam mengelola keuangan pribadi sobat. Cara ini membuat sobat bisa lebih terukur dan terarah dalam menggapai impian sobat. Sebagai contoh, misalkan sobat ingin pergi umroh ke tanah suci sekitar 3 tahun lagi. Bagaimana caranya biar impian umroh sobat tercapai? Yuk simak tips berikut.

1. Niat yang Kuat

Apa pun yang sobat ingin lakukan, harus diniatkan sob. Niatnya harus kuat, jangan setengah-setengah ya sob. Kalau niat setengah-setengah (sekedar pengen), apalagi tidak ada niat, ya susah sob. Semua hal besar selalu dimulai dari hal yang kecil. Hal terkecil yang harus dimiliki sobat untuk menggapai impian sobat adalah niat yang kuat! Dengan niat, sobat akan lebih semangat dalam mengejar impian.

2. Tentukan Target Jangka Panjang Mencapai Impian

Oke, sekarang sobat sudah punya niat yang kuat untuk umroh. Selanjutnya, sobat tentukan target kapan akan berangkat umroh. Seperti yang sudah disebutkan, misalkan sobat akan berangkat umroh 3 tahun lagi dari sekarang. Dana yang dibutuhkan untuk umroh, anggap saja Rp 30.000.000. Wow! Dana yang cukup besar kan sob?! Jangan liat angkanya sob! Fokus dengan niat untuk berangkat umroh dan ikhtiarnya. Inilah target jangka panjang sobat untuk mencapai impian sobat untuk berangkat umroh.

3. Pecah Target Jangka Panjang Impian Menjadi Target Jangka Pendek

Tiga tahun dari sekarang artinya sobat memiliki 36 bulan. Jadi, pecah angka target jangka panjang sobat Rp 30.000.000 dengan angka 36 (bulan). Hasilnya … cuma Rp 800rb-an sob! Jadi target jangka pendek sobat adalah dengan ikhtiar menyisihkan Rp 833.333 setiap bulannya. Terasa lebih ringan kan sob?

4. Disiplin mengerjakan target jangka pendek

Target sobat sudah diperkecil, sehingga sobat HARUS menyisihkan Rp 833.333 setiap bulannya. Nah, sobat harus disiplin dan konsisten nabungnya. Jangan sampai terlewat walaupun satu bulan sob. Karena kalau sobat terlewat saja satu bulan, kemungkinan besar sobat pasti males melanjutkan. Disiplin dalam mencapai target jangka pendek inilah yang membuat sobat dapat mencapai impian sobat.

Nah, itu lah empat tips untuk sobat dalam mencapai impian.

“Yah, gitu doang mah tau lah, tapi masalahnya saya kurang disiplin nih kalo urusan nabung”.

Nah, ini dia yang sebenarnya mau saya bahas di sini sob. Untuk mengawal sobat agar disiplin dalam mencapai target sobat, saya tambahkan tipsnya supaya sobat bisa lebih disiplin dalam menyisihkan uang sobat.

Sobat bisa gunakan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di BNI Internet Banking seperti yang sudah saya jelaskan di awal. Fitur ini dapat membantu sobat dalam menentukan dan mengawal target impian sobat sehingga sobat disiplin dalam mencapai target, karena targetnya sudah dibuat oleh sistem dan berjalan secara otomatis. Jadi tidak ada lagi cerita sobat lupa menyisihkan dana untuk mencapai impian sobat.

“Wah, boleh tuh! Gimana sih caranya?”

Oke sob, begini cara pakai fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di BNI Internet Banking:

Pertama, sobat harus punya rekening BNI dan sudah mengaktifkan BNI Internet Banking sob. Kalau belum punya, segera buka rekening BNI di cabang BNI terdekat dan langsung minta aktivasi BNI Internet Banking-nya. Setoran awalnya ringan kok, cuma Rp 500.000 aja.

Kalau sudah punya rekening BNI dan sudah aktif BNI Internet Banking-nya, sobat masuk (login) ke BNI Internet Banking dengan menggunakan username dan password yang sobat punya tentunya.

login-bni

Setelah masuk, pilih menu Pengelolaan Finansial Pribadi

menu-finansia

Lalu sobat pilih menu Pengaturan Tujuan

pengaturan-tujuan

Pilih menu Tambah Tujuan Keuangan.

tambah-tujuan-keuangan

Pilih Tetapkan Tujuan Anda

tetapkan-tujuan

Nah, di sini sobat isi dengan keterangan target impian sobat dan budgetnya. Sebagai contoh:

  • Deskripsi Tujuan Keuangan: Pergi Umroh
  • Nominal Tujuan Keuangan (IDR): 30.000.000
  • Tanggal Awal Target: 1 Agustus 2017
  • Tanggal Akhir Target: 1 Agustus 2020
  • Saldo Rekening Tujuan Saat Ini (IDR): 0 (misalkan belum ada tabungan)

Setelah itu sobat klik aja tombol “Klik Di Sini”, secara otomatis akan muncul Total Sisa Nominal Tujuan yang Masih Harus Disimpan (target jangka panjang) dan Nominal untuk Disimpan per Bulan (target jangka pendek). Jadi, tidak perlu repot menghitung dengan kalkulator lagi sob. Kalau sudah diisi, tekan tombol “Diproses” ya.

isi-keterangan-tujuan

Selanjutnya sobat harus menghubungkan rekening utama sobat dengan rekening tampungan (celengan untuk impian sobat) dengan cara membuat rekening baru.

Pilih Taut Rekening untuk menghubungkan rekening.

taut-rekening

Kemudian, pilih Rekening Tabungan dan Giro – Buka Rekening Taplus untuk membuka rekening baru (rekening penampung).

buka-rekening

Di sini sebenarnya sobat persis seperti membuat rekening baru. Jadi sobat mesti punya setoran awal minimal Rp 500.000 yang langsung ditransfer ke rekening baru. Isi datanya dengan benar ya sob. Kalau sudah, klik tombol Proses.

buat-tabungan-baru

Setelah meng-klik tombol proses, sobat harus masukin respon token APPLI-2.

buat-rekening

Kalau berhasil, sobat bisa melihat rinciannya seperti berikut.

berhasil-buat-tabungan

Pembuatan rekening sudah, selanjutnya adalah pembuatan jadwal transfer otomatisnya sob. Caranya, pilih menu Transfer Antar Rekening BNI.

pilih-transaksi

Lalu pilih tipenya “Berulang” dan klik tombol Lanjut. Kemudian sobat isikan tanggal awal transfer, kemudian frekuensi transfer. Dalam contoh ini transfer bulanan dengan banyaknya transfer adalah 36 kali transfer.

berulang

Isikan juga pada detail transaksi, transfer dari rekening utama (pribadi) ke rekening tampungan serta nominal transfernya.

pilih-bulanan

Selanjutnnya sobat harus konfirmasi transaksinya dengan menggunakan token BNI.

Kalau berhasil, nanti muncul halaman detail transaksi dengan status “menunggu untuk diproses”.

Oke sob, jadi nanti setiap bulannya secara otomatis rekening pribadi sobat akan di-autodebet (penarikan otomatis) yang ditransfer ke rekening penampung sobat. Jadi, tidak ada lagi cerita sobat lupa menyisihkan sebagian uang sobat untuk menggapai cita-cita sobat. Keren kan fiturnya sob?

Oke, sekian dulu tips cara cerdas kelola keuanganmu untuk mencapai impian ya sob. Semoga bermanfaat buat sobat yang susah nabung. Hehehe.

18 thoughts on “Cara Cerdas Kelola Keuanganmu untuk Mencapai Impian

  1. Wah mantappp jd tau fitur oke lagi dr ibanking bni. Pdhl udh pke token ibanking bni tp blm tau caranya. Biasanya transfernya msh manual jd rawan khilaf ga setor hahaha… dgn cara d atas lbh aman n istiqomah.

  2. Jadi rekening barunya bisa di buat sendiri langsung dari halaman internet bangkingnya ya Gan ? bukan dengan cara pergi ke teller bank BNI ?

    1. @Amir iya betul. Rekening penampungnya dibuat sendiri dari halaman internet banking. Karena itu, di halaman Buka Rekening tabungan ada penjelasan di bawahnya sebagai berikut: “Dengan klik tombol proses, anda telah menyetujui syarat dan ketentuan pembukaan tabungan yang tercantum pada syarat dan ketentuan BNI Internet Banking.” Jadi lebih simple, ga ribet ke bank lagi. :-)

Leave a Reply