Cara eKlaim BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Mengundurkan Diri (Resign)

Tulisan ini saya buat untuk rekan-rekan yang ingin tahu cara eKlaim BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) agar tidak seperti saya yang harus bolak-balik ke kantor BPJSK hingga 4 kali. Padahal proses ini sebenarnya mudah dan hemat waktu dibandingkan harus mengambil formulir dulu di basement BPJSTK dimana antriannya bisa mencapai puluhan orang dan harus datang sebelum jam 7 pagi. Jika anda sudah memahami prosedur dan  menyiapkan persyaratannya, anda cukup satu kali saja datang ke kantor BPJSTK untuk melakukan klaim.

Studi kasus pengalaman saya adalah, melakukan eKlaim BPJS Ketenagakerjaan dengan sebab mengundurkan diri dari tempat kerja. Bagi anda seorang karyawan yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan kemudian mengundurkan diri (resign) dari pekerjaan, ada hak anda yang dapat anda ambil di BPJS Ketenagakerjaan. Ya, hak anda! Jadi ini merupakan hak anda yang perlu anda ambil. Lumayan untuk masa transisi mencari pekerjaan baru atau untuk modal usaha.

Untuk melakukan eKlaim BPJSTK persyaratan utamanya adalah anda sudah terdaftar di sistem BPJSTK. Jika anda belum mendaftar, silahkan anda mendaftar mandiri di website BPJSTK. Sebagai info, dengan memiliki akun di sistem BPJST, anda dapat melakukan layanan eservice yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan seperti layanan informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan, Cek Saldo JHT, dan Proses klaim JHT. Jika anda sudah terdaftar namun anda lupa password, anda dapat reset terlebih dahulu password anda. Jika anda sudah terdaftar, anda dapat langsung menuju halaman login sistem BPJSTK.

Proses eKlaim membutuhkan persyaratan yang ketat. Jadi, perhatikan dan persiapkan persyaratannya sebagai berikut:

  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan (Bukan kartu BPJSTK Pensiun) (Asli & copy)
  • KTP (Asli & copy)
  • KK (Asli & copy)
  • Buku Rekening (Asli & copy) (Mandiri, BRI, atau BNI)
  • * Surat Pengunduran Diri ke Dinas Ketenagakerjaan dengan stempel perusahaan (Asli & copy)
  • * Surat Verklaring Asli (Asli & copy)
  • Materai Rp 6.000 (untuk surat pernyataan di kantor BPJSTK)

Dokumen-dokumen tersebut (yang asli) dibuat digital. Bisa anda scan dengan mesin scanner atau anda gunakan kamera smartphone anda. Pastikan hasilnya terlihat jelas. Dokumen digital dapat disimpan dalam format .jpg, .png, atau .pdf.

Catatan: Surat Pengunduran Diri dan Surat Verklaring dijadikan dalam satu file

Perlu diperhatikan bahwa, semua dokumen digital tersebut tidak boleh dari 1.8 MB (ada peringatannya di sistem BPJSTK). Namun saya tidak mengetahui apakah itu batasan untuk masing-masing file harus di bawah 1.8 MB, atau total ukuran file yang harus di bawah 1.8 MB. Namun, untuk lebih amannya, saya sarankan SEMUA FILE tersebut (Kartu BPJSTK, KTP, KK, Buku Rekening, Surat Disnaker, dan Verklaring) jika ditotal ukurannya di bawah 1.8 MB. Sebagai contoh, file-file yang saya ajukan totalnya ada sekitar 1.45 MB.

Untuk membuat kumpulan file-file tersebut bisa berukuran kecil, anda dapat mengecilkan resolusi (ukuran) gambar. Saya biasa menggunakan program PhotoScape untuk mengecilkan resolusi gambar atau untuk menggabungkan beberapa gambar, atau anda dapat gunakan web untuk mengecilkan gambar. Saya sarankan agar resolusi maksimal di 1600 pixel. Jika resolusi gambar sudah diperkecil ukuran file masih terasa besar, anda dapat menggunakan aplikasi Compressor.io salah satu aplikasi favorit saya untuk kompresi gambar online. Hasilnya cukup bagus, kompresi gambar bisa dilakukan hingga 90% (tergantung jenis file dan jenis kompresi).

Masalah ukuran file ini menurut saya penting, karena servernya kurang bersahabat. Jadi pastikan ukuran file-file anda sesuai dengan aturan.

Proses Pengajuan

Setelah file-file yang dibutuhkan sudah siap, saatnya anda melakukan proses eKlaim.

  1. Masuk ke website eklaim.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Gunakan masukkan user ID dan password akun BPJSTK anda
  3. Pilih menu eKlaim JHT
  4. Pilih KPJ dengan pilihan nomor kartu BPJSTK anda
  5. Pilih Pilihan Aksi dengan pilihan Pengajuan Klaim
  6. Pilih jenis klaim dengan pilihan Mengundurkan Diri
  7. Tekan tombol Submit Form
  8. Jika anda belum pernah klaim, akan muncul tombol lanjutkan proses. Jika anda sudah pernah mengajukan klaim, akan muncul pesan “KPJ Sudah Mengajukan Klaim”
  9. Isikan form sesuai dengna data-data anda
  10. Upload dokumen-dokumen digital yang sudah disiapkan
  11. Tekan tombol proses

Nah, entah kenapa server BPJS ini kalau udah upload file hasilnya muncul error: “Server Temporarily Unavailable”. Tak usah khawatir, karena emang seperti itu. Silahkan cek email anda sekitar 1 menit. Jika anda menerima email dari eKlaim BPJS, berarti anda sudah berhasil mendaftar eKlaim. Namun statusnya masih pending (belum di-approve). Sekitar satu hingga 2 hari kerja, anda akan mendapatkan balasan email eKlaim yang memberitahukan status eKlaim anda diterima atau ditolak. Saya pribadi kena dua kali penolakan, arena pertama dokumen yang dikirim tidak lengkap (karena waktu upload kurang surat dari disnaker), dan yang kedua karena surat disnaker belum ter-upload (karena saat itu saya hanya mengirimkan surat dari disnaker). Jadi pastikan anda memenuhi persayaratan-persyaratan yang telah disebutkan di atas.

Setelah anda menerima balasan dari eKlaim bahwa anda sudah sukses dan disuruh untuk datang ke kantor BPJSTK yang telah dituju, PERHATIKAN tanggal anda harus datang. Karena saya terlalu semangat, jadi saya datang besoknya setelah saya mendapatkan email. Namun ketika sampai di kantor BPJSTK, ternyata saya disuruh datang besoknya (2 hari setelah menerima email).

Esoknya saya pun datang lagi dan memproses eKlaim yang sudah diajukan. Sesampainya di CS, ternyata saya salah bawa kartu. Kartu yang saya bawa adalah kartu BJSTK Pensiun, sedangkan yang digunakan untuk eKlaim mengundurkan diri, harus menggunakan kartu BPJSTK biasa (tidak ada tulisan pensiun).  Jadi, saya pun harus menunggu satu minggu lagi untuk memproses eKlaim saya. Namun hikmahnya kedatangan saya saat itu, kebetulan BPJSTK sedang mempringati hari buruh (1 Mei), jadi mereka mengadakan kuis kecil-kecilan. Bermodalkan Google Search (buat nyari jawaban), saya pun mendapatkan gelas cantik. Hahaha.

kartu_bpjstk
Pastikan anda membawa kartu yang benar

Alhamdulillah, setelah beberapa kali bolak-balik kantor BPJSTK, eKlaim saya pun berhasil dilakukan pada tanggal 4 Mei 2017. Saya pun menerima dana pencairan melalu rekening Mandiri pada tanggal 05 Mei 2017. Proses pencairan yang bisa dibilang cepat (1 hari), padahal saya diinfokan bahwa pencairan bisa sampai 2 pekan.

Ya, mungkin itu saja yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin melakukan klaim JHT nya. Semoga anda cukup sekali datang kemudian langsung selesai untuk melakukan klaim.

2 thoughts on “Cara eKlaim BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Mengundurkan Diri (Resign)

  1. mau tanya gan,
    saya udah urus JHT dan sudah terima e-klaim. Tetapi, setelah itu, sama CS atau petugasnya saya disuruh buka yang mandiri. Dan sekarang posisi saya sedang tidak bekerja. Itu bagaimana stop menjadi member BPJS TK kalau yang jenis mandiri?

Leave a Reply