Cara eKlaim BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Mengundurkan Diri (Resign)

Tulisan ini saya buat untuk rekan-rekan yang ingin tahu cara eKlaim BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) agar tidak seperti saya yang harus bolak-balik ke kantor BPJSK hingga 4 kali. Padahal proses ini sebenarnya mudah dan hemat waktu dibandingkan harus mengambil formulir dulu di basement BPJSTK dimana antriannya bisa mencapai puluhan orang dan harus datang sebelum jam 7 pagi. Jika anda sudah memahami prosedur dan  menyiapkan persyaratannya, anda cukup satu kali saja datang ke kantor BPJSTK untuk melakukan klaim.

Studi kasus pengalaman saya adalah, melakukan eKlaim BPJS Ketenagakerjaan dengan sebab mengundurkan diri dari tempat kerja. Bagi anda seorang karyawan yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan kemudian mengundurkan diri (resign) dari pekerjaan, ada hak anda yang dapat anda ambil di BPJS Ketenagakerjaan. Ya, hak anda! Jadi ini merupakan hak anda yang perlu anda ambil. Lumayan untuk masa transisi mencari pekerjaan baru atau untuk modal usaha.

Untuk melakukan eKlaim BPJSTK persyaratan utamanya adalah anda sudah terdaftar di sistem BPJSTK. Jika anda belum mendaftar, silahkan anda mendaftar mandiri di website BPJSTK. Sebagai info, dengan memiliki akun di sistem BPJST, anda dapat melakukan layanan eservice yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan seperti layanan informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan, Cek Saldo JHT, dan Proses klaim JHT. Jika anda sudah terdaftar namun anda lupa password, anda dapat reset terlebih dahulu password anda. Jika anda sudah terdaftar, anda dapat langsung menuju halaman login sistem BPJSTK.

Proses eKlaim membutuhkan persyaratan yang ketat. Jadi, perhatikan dan persiapkan persyaratannya sebagai berikut:

  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan (Bukan kartu BPJSTK Pensiun) (Asli & copy)
  • KTP (Asli & copy)
  • KK (Asli & copy)
  • Buku Rekening (Asli & copy) (Mandiri, BRI, atau BNI)
  • * Surat Pengunduran Diri ke Dinas Ketenagakerjaan dengan stempel perusahaan (Asli & copy)
  • * Surat Verklaring Asli (Asli & copy)
  • Materai Rp 6.000 (untuk surat pernyataan di kantor BPJSTK)

Dokumen-dokumen tersebut (yang asli) dibuat digital. Bisa anda scan dengan mesin scanner atau anda gunakan kamera smartphone anda. Pastikan hasilnya terlihat jelas. Dokumen digital dapat disimpan dalam format .jpg, .png, atau .pdf.

Catatan: Surat Pengunduran Diri dan Surat Verklaring dijadikan dalam satu file

Perlu diperhatikan bahwa, semua dokumen digital tersebut tidak boleh dari 1.8 MB (ada peringatannya di sistem BPJSTK). Namun saya tidak mengetahui apakah itu batasan untuk masing-masing file harus di bawah 1.8 MB, atau total ukuran file yang harus di bawah 1.8 MB. Namun, untuk lebih amannya, saya sarankan SEMUA FILE tersebut (Kartu BPJSTK, KTP, KK, Buku Rekening, Surat Disnaker, dan Verklaring) jika ditotal ukurannya di bawah 1.8 MB. Sebagai contoh, file-file yang saya ajukan totalnya ada sekitar 1.45 MB.

Untuk membuat kumpulan file-file tersebut bisa berukuran kecil, anda dapat mengecilkan resolusi (ukuran) gambar. Saya biasa menggunakan program PhotoScape untuk mengecilkan resolusi gambar atau untuk menggabungkan beberapa gambar, atau anda dapat gunakan web untuk mengecilkan gambar. Saya sarankan agar resolusi maksimal di 1600 pixel. Jika resolusi gambar sudah diperkecil ukuran file masih terasa besar, anda dapat menggunakan aplikasi Compressor.io salah satu aplikasi favorit saya untuk kompresi gambar online. Hasilnya cukup bagus, kompresi gambar bisa dilakukan hingga 90% (tergantung jenis file dan jenis kompresi).

Masalah ukuran file ini menurut saya penting, karena servernya kurang bersahabat. Jadi pastikan ukuran file-file anda sesuai dengan aturan.

Proses Pengajuan

Setelah file-file yang dibutuhkan sudah siap, saatnya anda melakukan proses eKlaim.

  1. Masuk ke website eklaim.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Gunakan masukkan user ID dan password akun BPJSTK anda
  3. Pilih menu eKlaim JHT
  4. Pilih KPJ dengan pilihan nomor kartu BPJSTK anda
  5. Pilih Pilihan Aksi dengan pilihan Pengajuan Klaim
  6. Pilih jenis klaim dengan pilihan Mengundurkan Diri
  7. Tekan tombol Submit Form
  8. Jika anda belum pernah klaim, akan muncul tombol lanjutkan proses. Jika anda sudah pernah mengajukan klaim, akan muncul pesan “KPJ Sudah Mengajukan Klaim”
  9. Isikan form sesuai dengna data-data anda
  10. Upload dokumen-dokumen digital yang sudah disiapkan
  11. Tekan tombol proses

Nah, entah kenapa server BPJS ini kalau udah upload file hasilnya muncul error: “Server Temporarily Unavailable”. Tak usah khawatir, karena emang seperti itu. Silahkan cek email anda sekitar 1 menit. Jika anda menerima email dari eKlaim BPJS, berarti anda sudah berhasil mendaftar eKlaim. Namun statusnya masih pending (belum di-approve). Sekitar satu hingga 2 hari kerja, anda akan mendapatkan balasan email eKlaim yang memberitahukan status eKlaim anda diterima atau ditolak. Saya pribadi kena dua kali penolakan, arena pertama dokumen yang dikirim tidak lengkap (karena waktu upload kurang surat dari disnaker), dan yang kedua karena surat disnaker belum ter-upload (karena saat itu saya hanya mengirimkan surat dari disnaker). Jadi pastikan anda memenuhi persayaratan-persyaratan yang telah disebutkan di atas.

Setelah anda menerima balasan dari eKlaim bahwa anda sudah sukses dan disuruh untuk datang ke kantor BPJSTK yang telah dituju, PERHATIKAN tanggal anda harus datang. Karena saya terlalu semangat, jadi saya datang besoknya setelah saya mendapatkan email. Namun ketika sampai di kantor BPJSTK, ternyata saya disuruh datang besoknya (2 hari setelah menerima email).

Esoknya saya pun datang lagi dan memproses eKlaim yang sudah diajukan. Sesampainya di CS, ternyata saya salah bawa kartu. Kartu yang saya bawa adalah kartu BJSTK Pensiun, sedangkan yang digunakan untuk eKlaim mengundurkan diri, harus menggunakan kartu BPJSTK biasa (tidak ada tulisan pensiun).  Jadi, saya pun harus menunggu satu minggu lagi untuk memproses eKlaim saya. Namun hikmahnya kedatangan saya saat itu, kebetulan BPJSTK sedang mempringati hari buruh (1 Mei), jadi mereka mengadakan kuis kecil-kecilan. Bermodalkan Google Search (buat nyari jawaban), saya pun mendapatkan gelas cantik. Hahaha.

kartu_bpjstk
Pastikan anda membawa kartu yang benar

Alhamdulillah, setelah beberapa kali bolak-balik kantor BPJSTK, eKlaim saya pun berhasil dilakukan pada tanggal 4 Mei 2017. Saya pun menerima dana pencairan melalu rekening Mandiri pada tanggal 05 Mei 2017. Proses pencairan yang bisa dibilang cepat (1 hari), padahal saya diinfokan bahwa pencairan bisa sampai 2 pekan.

Ya, mungkin itu saja yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin melakukan klaim JHT nya. Semoga anda cukup sekali datang kemudian langsung selesai untuk melakukan klaim.

89 thoughts on “Cara eKlaim BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Mengundurkan Diri (Resign)

  1. mau tanya gan,
    saya udah urus JHT dan sudah terima e-klaim. Tetapi, setelah itu, sama CS atau petugasnya saya disuruh buka yang mandiri. Dan sekarang posisi saya sedang tidak bekerja. Itu bagaimana stop menjadi member BPJS TK kalau yang jenis mandiri?

      1. Gan numpang tanya klo ad surat panggilan kn tulisan datang paling lambat 7 hari setelah menerima email tp ko pemberkasan nya satu bulan setelah itu…trus klo qt mw eklaim di tempat lain bsa g

      1. Kak saya mau nanya , saya sudah ajukan e klaim nya , terus di tolak , padahal sya sudah memenuhi syarat nya , alasan di tolak nya adalah kk asli , nah saya mau nnya saya kan ajukan e klaim nya online gmn cara nya kasih kk asli nya , saya cuma foto dan ubah ukuran nya terus saya claim , nah saya mau nanya gmn cara kirim kk asli nya lewat online saya bingung kak , mohon penjelasan nya

  2. Mau tanya gan point ke 8, itu pengajuan claim gagal krna apa ya ? Krna sebelumnya 2 bulan yg lalu udah cairin nah yg ke 2 mau ngajuin lg tpi gagal ?

  3. kemarin saya k kantor bpjs guna mmcairkan eklaim bpjs saya..tp syarat y cma 1 doang yg gagal krna kartu yg sya bwa bpjstk pensiun
    sedang kan dri perusahaan y sya blm prnah ngerasa d kasih kartu yg bpjs bkn pensiun y..

    1. Seharusnya dapat yang bukan pensiun juga. Awalnya saya juga menyangka seperti itu, tetapi setelah saya kontak HRD saya waktu itu, katanya sudah diberikan. Untungnya pas di rumah ketemu. Coba ditanyakan lagi saja ke HRD nya. :-)

  4. Knp waktu isi awal sperti pilih KJP, trus pengajuan klaim, dan jenis klaim mengundurkan diri trus klik submit form malah ada tulisan Transaksi Gagal (Klaim ini harus dilakukan oleh Tenaga Kerja NA)
    Maksudnya apa ya??

  5. Mau tanya dong gan
    saya sudah dapet email dari e-klaim, dia minta surat di approve, dan dia minta surat disnaker.
    itu sama kyk surat keterangan dari perusahaan kalo kita sudah berhenti bekerja gak sih?

    1. Beda om, kalau surat dari disnaker ya dari disnaker. Jadi harus ada 2 surat, verklaring (dari perusahaan) dan juga surat dari disnaker. Klo sy sih, HRDnya bantu sy buat dapetin surat dari disnaker.

      1. Mas mau tanya dong kalo klaim lewat e klaim trus kalo udah lewat dr ketentuannya batas konfirmasinya 7 hari itu gimana ya..karna waktu itu gagal karna kekurangan dolumen disnaker

  6. Mas nanya..sya sudah proses eklaim untuk JHT di perush A dan ditolak karena masih terdaftar di perusahaan B, tp saya uda resign di perush B ini..sekitar 1 bulan lalu..gmna langkah2 nya?

    Thx

  7. Kalau saya sudah pernah Klaim BPJSTK dulunya, tapi ada sedikit masalah.. dan sekarang sudah selesai masalah nya… kenapa pas saya mau Klaim ulang BPJS TK saya malah ada tulisan “KPJ Sudah mengajukan Klaim” … Mohon info nya Langkah apa yang harus saya ambil… Trimakasih…

    1. Sepertinya karena sebenarnya om Erik sudah pernah klaim (walaupun ternyata ada masalah), secara sistem sudah ditandai bahwa om Erik sudah pernah mengajukan klaim sehingga tidak bisa klaim lagi. Mungkin sepertinya om Erik harus ke kantornya langsung untuk pengurusannya.

  8. Mas mau tanya apa persyaratan dukomen matrai 6000 harus di scan juga? Bagaimana dengan ijazah dan akta kelahiran apa perlu dilampirkan juga?

  9. Mau nanya dr tgl resign ke klaim jarak nya brp lama ya? Soalnya katanya denger2 dr tgl resign hrs nunggu dlu sebulan bru deh bru bisa ngajuin klaim, bner kaya gt?

  10. Apakah file yang diupload harus dokumen asli? Lalu jika sudah upload dokumen kenapa harus datang lagi ke kantor bpjstk? Antri lagi dong seperti yang lain?

    1. Iya, harus dokumen asli yang difoto/scan. Ke BPJSTK ya antri lagi, karena klo ngga pake eKlaim, antrinya 2x. Kalo pake eKlaim antrinya 1x. Kalo 2x, antrian pertama panjang banget.

  11. Mau tanya dong mas ….
    Apakah kita datang ke kantor BPJS nya itu waktu nya harus sesuai yg di tentukan oleh kantor BPJS nya itu…
    Misal nya e klaim kita sudah di setujui terus ada balasan email dari BPJS nya silahkan mendatangi kantor BPJS setelah 7 hari kerja gitu…
    Apakah kita harus nunggu 7 hari kerja untuk Dateng ke kantor BPJS nya ?

  12. gan, tanya dong klo pngajuan eklaim karena mengundurkan diri trus d submit form tp transaksi gagal, dan d bawahnya ada keterangan Klaim ini harus di lakukan oleh tenaga kerja NA. itu maksudnya pa gan?

      1. Kenapa ea ketika saya sudah upload dokumen.. Sudah saya kirim.. Muncul balesan.. File yang anda upload tidak diperbolehkan..

  13. Mu tanya gan,, tiaP submit pengajuan klaim gagal trs hrus di lakukan oleh petugas Na sAya resign tanggal 26 des 2017
    Apakah lngsung aja ke kantor bpjstk

      1. Kang mau tanya saya kan udah resign truz saya sudah ada d kampung mau klaim bpjs d kampung juga..
        Mslh nya saya belum punya surat pengunduran diri dari disnaker ?
        Apa harus d disnaker tempat saya bekerja dulu apa bisa mnta d disnaker kampung saya ?

  14. Saya mau tanya.. Kalu sudh mngajukan eklaim dan dapt email balasan eklaim sudah di terima dan nunggu 2x24jam untuk mndapatkan email balasan dan sudah 2 hari blm juga dpat balasan gimna ya? Harus konfirmasi kemana???

  15. Mau tanya donk…saya coba untuk registrasi akun..nah begitu masukin no kpj aktif gagal terus..memang no kpj itu yang mana?trs berapa digit? terima kasih

  16. Saya tidak bs mengklaim bpjs ktnga krjaan dgn alasannya sy msh trdftar pd sbuah CV yg telah dibuat oleh prusahaan tmpat sy bkerja dl.

    CV ini statusnya adlah sbagai anak perusahaan di tmpat sy brkerja.Dmn posisi sy sbagai pimpinan sekligus kryawan satu2 nya di CV tsb. Dgn kata lain sbenarnya bos hanya meminjam nama sy sj.

    Sdngkan pd saat resign, kami sdh mnyelsaikan hal ini dgn sama2 mngurus balik nama ke notaris.

    Namun pd saat akan sy klaim,Pihak bpjs meminta CV tersbut hrs ditutup trlebih dl. DiKarenakan sy adlah satu2nya orang yg ada di CV tsb tanpa ada anak buah, jd tdk bs d cairkan.

    Yg sy tanyakn adlah apakah bnar hrus demikian..? Sdgkan sy kan sdh tidak mnjadi bagian dr CV tsb,dpt dibuktikan dr Akte pendirian yg sdh balik nama.

    Apakh tdk ada cara lain. Spt cukup mlampirkan surat kterangan msalnya, ataw apalah,, krn scara logika, Tdk mngkin lah bos sy yg dl, mw mnutup CV dgn mudah gt sj,mskipun mngingat hubngan kami selama tdk pernah bermaslah.

    Mohon penjelasan nya, sebelum dn sesudahnya saya ucapkan terima kasih kepada admin.

    1. Wah, permasalahannya kompleks nih. Sy jg cuma karyawan biasa yang absi resign, jadi ga terlalu paham. :-)

      Mungkin sebaiknya permasalahan seperti ini datang langsung aja ke kantor BPJSTK nya. Minta dibantu bagaimana solusinya.

      1. Untuk rekening pencairan claim apakah harus sama dengan yg pihak perusahaan kirim gaji? Misal dulu perush transfer via BNI tp saya ingin claim cair via BCA, bisa ga ya? Thanks

        1. Kalau ngga salah hanya bank-bank tertentu (Mandiri atau BNI aja klo g salah). Sy disarankan pakai Mandiri. Kalau rekeningnya beda dengan yang buat kirim gaji ga masalah.

  17. Di web eklaim kan ada syarat upload dokumen ‘surat pengunduran diri dari perusahaan’ itu yg untuk disnaker kan ya? Nah cara kita dapet surat dr disnaker kita harus kesana kan, trs kalau udah dapat gausah di upload?

  18. Bantu jawab ya,,,,
    kak lina masuknya ke kcrome jangan pake mozila,,,
    kayanya si ga suport klo pake mozilla soalnya aku nyoba di rumah and dikantor pake mozilla larinya kaya ke app store gitu suruh instal/ (download).
    selamat mencoba,,,,

  19. Gan mau tanya ane kan udah e klaim tuh jumat tgal 16 dapet balesan tunggu konfirmasi dari cabang yang di pilih paling lama 2*24 jam kerja,, karna ane daftar jumat ane fikir tunggulah ampe selasa,, eh hari ini balesan emailnya belom muncul juga gimana tuh

  20. Izin nanya mas. Saya kan mengajukan e-klaim hari jum’at disitu posisi nya sudah non aktif kartunya dan hari senin saya dapat balasan konfirmasi bahwa klaim itu diterima dan segera diproses. Tapi ketika saya liat lagi ternyata kartu itu udah aktiv lagi ituu gimana mas? Apa masih bisa itu dicairin uangnya.

  21. Maaf saya mau tanya, saat saya mau daftar e-klaim, bacaannya “kpj sudah mengajukan klaim” tapi persyaratannya blm saya kirim,jadi itu gmna ya?? Dan statusnya e-klaimnya “belum diproses” saya coba tungguin sekitar 3harian tapi gaada email yg masuk,itu gmna yaa??

  22. mas mau tanya, saya kan coba untuk eklaim dengan keterangan pengunduran diri tapi pada saat saya submit pengajuan klaim nya keterangannya status saya masih aktif, itu gimana ya mas?

  23. Hallo Bang. Thank you untuk postnya yang sangat informatif. Aku mau tanya dong. Kemarin dapat balasan email dan sudah memenuhi persyaratan, dan untuk proses selanjutnya bisa datang ke kantor bpjs yang dituju dalam masa 7 hari kerja. Nah berarti bisa kapan aja kan ya setelah hari terima email. Namun di email jiga tertera bahwa verifikasi di lakukan pada tgl 25 April (berarti sekitar 1 minggu setelah email penerimaan). Tulisan ini ada di bagian keterangan dan di bold.

    Yang mau aku tanyakan, apakah aku boleh datang kapan saja (7 hari kerja sejak email penerimaan) atau tgl 25? Ini membingungkan soalnya. Makasih ya.

    1. Ikuti tanggal sesuai petunjuk di keterangan. Kalau saya ada keterangan di email:
      “SILAHKAN DATANG KE KANTOR BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BOGOR KOTA TGL 28/04/2017 ……. “

  24. Bangau tanya dong, kok proses e klaim saya gagal aja yah. Tulisannya “gagal disimpan”
    Itu bagaimana yah? Mohon bantuannya

  25. Kak maaf mau tanya klw waktu yang ditentukan saya gak bisa datang kiara2 bisa diwakkilkan gak ya?
    Soalnya saya gak bisa izin ka pas kerja soalnya saya masih status training dalam pekerjaan yang sekarang, trus itu giaman ya? Mohon info nya kaka

    1. Saya tidak tau pastinya boleh atau tidak, namun sepertinya tidak bisa karena klaimnya ini bersifat pribadi dan rahasia. Tapi coba ditanyakan saja dulu ke call center BPJSTK nya

  26. Kalo pas eklaim salah masukin jenis pngajuan nya bisa di ganti gak ya gimana cara nya??kan aturan pemutusan hbungan kerja saya hp nya eror k klik nya mengundurkan diri

  27. Gan, mau Tanya. Kalau kita sudah resign dan masuk kantor baru. Apakah ada kendala kalau kita mau klaim BPJSK dari kantor yang lama? Terima kasih

  28. mas saya ngajuin lwat e-klaim. gx da disnakernya. tapi tetep sukses mas ada balesannya dari bpjs.suruh ke kantornya

  29. saya ngajuin e klaim selalu dapet notice terdapat no.kartu lebih dari 1 silahkan hubungi kantor cabang terdekat untuk informasi lebih lanjut,padahal hanya punya 1 kartu bpjs ketenagakerjaan itu aja udah gak aktif,itu maksudnya bagaimana yah?

Leave a Reply