Menghilangkan iCloud Activation Lock untuk Perangkat iOS yang Pemiliknya Sudah Meninggal

Dua minggu yang lalu saya mendapatkan permintaan untuk menghilangkan iCloud Activation Lock pada iPad Mini murid saya. iPad tersebut terkena iCloud Activation Lock karena iPad tersebut terhubung dengan akun iCloud kakaknya yang sudah meninggal. Sayangnya tidak ada yang tahu Apple ID kakaknya tersebut sehingga iCloud Activation Lock tersebut tidak dapat dihilangkan. Awalnya berbagai cara saya cari di Google dan mencoba untuk mem-bypass iCloud Activation Lock tersebut. Tetapi tidak ada satupun cara yang berhasil, hingga akhirnya saya menyerah dan mencoba untuk menghubungi Apple Care via telepon (0800-102-7753). Ternyata, justru cara ini yang paling mudah dan legal tentunya.

Ada dua syarat untuk menghilangkan iCloud Activation Lock bagi perangkat iOS yang pemiliknya sudah meninggal, yaitu sertifikat kematian dan bon pembelian perangkat tersebut. Sertifikat kematian yang saya gunakan kemarin berasal dari kelurahan, mungkin bisa juga bagi yang memiliki sertifikat kematian yang berasal dari rumah sakit. Dan yang kedua bon pembelian yang harus menampilkan jelas nama dan alamat toko serta barang yang dibeli. Setelah kedua syarat teresebut sudah anda miliki, anda dapat menghubungi kembali Apple Care dan meminta bantuan dari customer service Apple Care. Pastikan juga bahwa anda sudah mengetahui nomor IMEI perangkat karena akan ditanya oleh customer service untuk identifikasi perangkat yang diadukan.

invoice_death_certificate
Bon Pembelian & Sertifikat Kematian

Setelah mendapatkan sertifikat kematian dari keluarganya, saya kembali menelepon Apple Care. Kemudian customer service menanyakan keluhan saya dan nomor IMEI perangkat yang diadukan. Selanjutnya telepon saya di teruskan ke atasannya, saat itu Mr. Simons yang berada di Australia. Tentunya saya harus berbicara dengan bahasa Inggris. Mr. Simons meminta saya untuk mengirimkan sertifikat kematian dan bon pembelian tersebut melalui email. Setelah itu, saya diminta untuk menunggu beberapa hari kerja untuk proses penghapusan iCloud Activation Lock pada perangkat iOS yang telah diadukan. Kira-kira sekitar 2 – 3 hari kerja, saya mendapatkan email dari Apple bahwa proses penghapusan iCloud Activation Lock sudah dilakukan. Lalu saya mencoba mengaktifkan kembali iPad mini tersebut, dan benar, iCloud Activation Lock tersebut sudah hilang sehingga iPad Mini dapat digunakan kembali.

iCloud Activation Lock ini di satu sisi memang membuat ribet, tetapi di sisi lain sebenarnya ini membuat perangkat iOS menjadi lebih aman khususnya jika terjadi pencurian. Apabila dicuri, akan terasa percuma karena perangkat tersebut tidak dapat digunakan oleh si pencuri. Secara teori, iCloud Activation Lock ini sangat sulit untuk di-bypass, karena Apple ID dan nomor seri (IMEI) perangkat terhubung dan di simpan di server Apple. Kalau pun memang dapat di-bypass, kemungkinan banyak fitur yang tidak akan dapat digunakan.

Semoga bermanfaat.

23 thoughts on “Menghilangkan iCloud Activation Lock untuk Perangkat iOS yang Pemiliknya Sudah Meninggal

  1. Barusan sya tlpn apple care nya sma kyk di ats tp cs nya menolak di karnakan nota pembelian nya tulis tangan dan harus prin out dan jga harus resmi dri ressller apple indo

    Nah cttan di atas kq bisa ya hanya nota biasa dan tulis tanggan

    1. Mohon maaf, untuk hal tersebut saya kurang paham. Karena saat itu saya memang menggunakan nota yang tulis tangan seperti di atas. Bisa jadi ini dikarenakan “mungkin” ada pihak-pihak yang menyalahgunakan cara seperti ini (akal-akalan untuk membuka iPhone/iPad curian menggunakan nota palsu), sehingga pihak Apple membuat kebijakan baru. Namun cara ini menurut saya masih tetap berlaku, hanya syaratnya dengan nota print out dan harus reseller Apple resmi.

  2. Permisi Pak
    apa bisa kt mendapatkan Email Apple ID kembali
    jika kt lupa sambungan email tersebut

    Iphone 5 32 gb
    imei : 013553003844027

    Activation Lock
    Apple ID : P*****@gmail.com

    Yang Saya Ingat Cuman Email depan nya saja
    Perawati
    selanjutnya saya sudah lupa

    Minta Tolong Solusi nya Pak

    Success Selalu

    ( replay email saya : Rejekicell31@gmail.com )

      1. Yh bnr cara menghapus icloud tuh tlpn cell center apple z..saya jga prnh ngalamin kya gtu..bahkan langsung dri singapure tlpn ke sya..no cell center apple tuh berasal dri singapure..aktipasi 3 smpe 5 hari..di jamin jozz…sya cmn mengingat kn klo beli iphone tuh beli yg resmi..jadi wlpn icloud kita ke lok bisa di buka kembali sm orang apple.SETEVE JOB manager apple dri calipornia.

  3. kepada yang terhormat team
    saya punya iphone 6 16gb
    lengkap dos
    lupa email dan password
    apa bisa ditolong kembali pada pihak apple
    termakasih

Leave a Reply