Review ASUS LolliFlash – Pencahayaan Tambahan untuk Hasil Foto yang Lebih Baik

Pencahayaan merupakan salah satu bagian penting dari fotografi. Apalagi jika kamera yang digunakan untuk memotret adalah kamera smartphone yang sangat sensitif dengan cahaya yang kurang, sehingga menghasilkan foto yang kurang bagus. ASUS menghadirkan ASUS LolliFlash sebagai aksesoris smartphone yang berfungsi sebagai flash tambahan untuk kamera smartphone. Bentuknya kecil, berbobot ringan (hanya 8 gram), serta menggunakan dua buah LED berwarna, dapat membantu pencahayaan saat pemotretan sehingga menghasilkan foto yang lebih baik. ASUS LolliFlash, merupakan external flash tambahan dari ASUS yang bersifat universal, sehingga dapat digunakan di berbagai jenis smartphone.

lolliflash-x

LolliFlash (3)Nama LolliFlash terkesan unik bagi saya untuk produk keluaran ASUS yang biasanya menggunakan kata Zen. Bisa saja ini dinamakan ZenFlash. Namun kali ini berbeda, mungkin saja nama LolliFlash terinspirasi dari permen lollipop, karena bentuknya yang bundar dan terdapat tangkai yang dapat dipasangkan pada jack audio smartphone. Menggunakan sumber daya baterai bulit-in ASUS LolliFlash ini sangat praktis untuk digunakan tanpa ribet dengan urusan kabel. Daya tahan baterai dapat bertahan hingga 3 jam. Jika baterai habis, ASUS LolliFlash dapat di charge dengan ZenPower (Power bank) atau kabel USB OTG. Jangkauan cahaya yang diberikan ASUS LolliFlash juga lebar, yaitu sebesar 70°, sehingga dapat menerangi objek lebih baik.

Paket penjualan ASUS LolliFlash ini minimalis, yaitu terdiri dari: 1 unit ASUS LolliFlash, 3 unit filter, dan 1 unit buku panduan. Sayangnya tidak tidak ada kantung kecil (pouch) yang mungkin sebaiknya disertakan dalam paket penjualan untuk menyimpan LolliFlash dengan filter-filternya.

Pengujian kali ini saya dibantu oleh teman saya, Atika, yang doyan banget selfie. Berikut hasil perbandingan foto menggunakan dan tanpa menggunakan LolliFlash.

lolliflash-comparisonMungkin ada yang bertanya, kenapa sih harus pake LolliFlash? Pertama, flash bawaan kamera smartphone biasanya hanya satu level tingkat cahaya sehingga tidak dapat diatur sesuai kebutuhan dan kondisi pemotretan. LolliFlash (2)Terkadang flash bawaan kamera smartphone terlalu terang atau kurang terang sehingga menghasilkan foto yang kurang bagus. Sedangkan ASUS LolliFlash memiliki tiga tingkat level cahaya sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan. Kedua, ASUS LolliFlash menggunakan dua buah LED berwarna yang membuat pencahayaan lebih natural. Ditambah dengan filter warna (putih, cyan, magenta) yang dapat memberikan efek pencahayaan yang lebih menarik dibandingkan dengan flash biasa. Ketiga, jika ingin berfoto selfie menggunakan kamera depan dalam keadaan yang kurang cahaya, hampir dipastikan hasil foto tersebut akan tidak bagus. Karena itu butuh flash tambahan seperti ASUS LolliFlash seperti ini. Keempat, walaupun pada praktisnya dipasang pada jack smartphone, penggunaan ASUS LolliFlash dapat lebih dikreasikan. Sebagai contoh, anda dapat memberikan pencahayaan terhadap objek dari sisi (kanan atau kiri) objek, atau dari atas objek pada saat pemotretan. Seperti pada contoh foto action figure Buzz Lightyear di bawah ini. Flash bawaan kamera tentunya tidak dapat digunakan untuk hal semacam ini.

lolliflash-buzz

Penggunaan ASUS LolliFlash ini juga sebenarnya tidak terpaku hanya untuk smartphone, tetapi bisa untuk fotografi menggunakan tablet maupun kamera digital sekalipun. Selain berfungsi sebagai flash tambahan untuk fotografi, ASUS LolliFlash ini juga bisa digunakan sebagai lampu darurat ketika padam listrik  atau keperluan pencahayaan sederhana lainnya.

 

Leave a Reply