Cara Menambahkan Sertifikat SSL Valid Gratis dari cPanel

Setelah sekian lama blog ini terbengkalai dan baru saja kemarin perpanjang langganan nama domain blog ini, akhirnya saya isi kembali supaya “agak” hidup kembali dari mati suri. Postingan PERTAMA di tahun 2018 ini adalah bagaimana cara menambahkan sertifikat SSL valid gratis dari cPanel.

Apa itu SSL dan kegunaannya?

Sebelumnya saya jelaskan sedikit apa itu SSL, dan apa gunanya. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, yaitu sebuah standar teknologi keamanan untuk membangun koneksi yang terenkripsi antara server dan browser, sehingga koneksi antara keduanya menjadi lebih aman. Tujuannya adalah untuk melindungi transaksi data antara server dan browser agar tidak mudah disadap (mencegah pencurian data). Ciri website yang menggunakan browser adalah terdapat tulisan “https://” (terdapat tambahan huruf “s” setelah kata “http”) sebelum nama domain (contoh: https://www.thexwarrior.web.id) dan juga terdapat gambar gembok hijau (atau merah jika SSL invalid) di sampingnya.

contoh-url-dengan-valid-ssl
Contoh URL dengan valid SSL

Penggunaan SSL saat ini mungkin sudah menjadi keharusan bagi pemilik website, terutama bagi website yang bersifat transaksional apalagi yang menyangkut transaksi keuangan atau data pelanggan. Sedangkan dari sisi SEO, SSL akan mendapat nilai lebih dibandingkan dengan website tanpa SSL.

Agar website menggunakan protokol SSL, maka server harus dipasang sertifikat dalam bentuk digital (sertifikat SSL). Sertifikat SSL ada yang bersifat valid dan juga invalid. Sertifikat SSL valid ditandai dengan warna hijau pada tulisan https:// dan juga warna pada gambar gemboknya. Jika SSL yang digunakan valid, browser tidak akan menampilkan pesan apapun saat membuka website. Sedangkan jika sertifikat SSL yang digunakan adalah sertifikat SSL yang invalid, biasanya browser akan menampilkan pesan kesalahan (tulisan atau background dengan warna merah), yang juga ditandai dengan tulisan https:// yang dicoret dan gemboknya berwarna merah. Walaun pun SSL yang digunakan invalid, biasanya website tetap bisa diakses dengan mengizinkan secara manual atau “memaksa” masuk ke website dengan tautan yang diberikan oleh browser.

Sertifikat SSL valid atau invalid ini biasanya disebabkan oleh penerbit sertifikatnya atau karena sertifikat SSL tersebut telah expired, karena sertifikat SSL memiliki masa kadaluarsa. Selain itu, sertifikat SSL valid biasanya diterbitkan oleh penyedia layanan SSL yang sudah “dipercaya” oleh browser. Jika sertifkat SSL diangap invalid oleh browser, biasanya dikarenakan sertifikat SSL diterbitkan sendiri oleh server (webserver tempat hosting website) yang diistilahkan dengan self-signed certificate. Bahasa sederhananya sertifkat yang valid atau invalid, itu ditentukan oleh kepercayaan browser terhadap penerbit sertifikat SSL.

Sertifikat SSL juga memiliki beberapa jenis. Saya kutip dari www.dewaweb.com ada tiga jenis SSL, yaitu:

  • Domain Validation (DV) SSL Certificate
  • Organization Validation (OV) SSL Certificate
  • Extended Validation (EV) SSL Certificate

Penjelasan selengkapnya tentang jenis-jenis SSL terseut bisa dilihat pada tautan www.dewaweb.com.

Ada banyak penerbit sertifikat SSL atau yang biasa disebut Certificate Authority (CA). Ada yang sifatnya berbayar seperti Comodo, SymantecVerisign, dan lain-lain, ada juga yang gratis seperti yang sering saya gunakan yaitu Let’s Encrypt dan yang terbaru saya gunakan pada blog ini (dan saya juga baru tahu) yaitu cPanel. Bagi anda pemilik website yang ingin menggunakan SSL gratis, dan tidak ribet (untuk pengguna hosting dengan cPanel), anda dapat menggunakan SSL dari cPanel seperti yang saya gunakan.

Cara Instalasi Sertifikat SSL di cPanel

Berikut langkah instalasi sertifikat SSL di cPanel.

1. Silahkan anda masuk ke cPanel, pada bagian Security, pilih menu SSL.

 

ssl-menu

2. Selanjutnya, anda pilih tautan Manage SSL sites.

manage-ssl

3. Pilih tombol Browse Certificates.

browse-certificate

4. Pilih sertifikat yang ada, namun perhatikan tanggal expiration-nya. Ini penting karena jika sertifikat yang digunakan expired, maka akan dianggap sebagai sertifikat invalid seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. 

pilih-sertifikat-ssl

Catatan: Sertifikat SSL biasanya memiliki masa berlaku, pada Let’s Encrypt biasanya sertifikat SSL berlaku paling lama 90 hari, jika masa berlaku habis, sertifikat SSL harus diperbaharui. Bagi hosting-hosting yang sudah dilengkapi dengan SSL Let’s Encrypt biasanya diperbaharui secara otomatis. Namun untuk sertifikat SSL dari cPanel saya belum mengetahui apakah akan diperbaharui otomatis atau tidak, karena saya baru mencobanya sekarang.

5. Setelah anda memilih sertifikat SSL yang akan anda gunakan, silahkan klik tombol Use Certificate”, maka sertifikat SSL akan di-install pada server anda. Biasanya hanya beberapa detik saja, dan jika berhasil, maka akan muncul daftar domain yang telah didukung oleh sertifikat SSL tersebut.

Konfigurasi SSL pada Website

Nah, anda sudah memasang sertifikat SSL pada server website anda. Tandanya anda sudah berhasil memasang sertifkat SSL, coba anda buka website anda dengan menuliskan https://namawebanda.com (silahkan coba dengan nama web anda sendiri). Jika terbuka dengan normal disertai gambar gembok hijau di sampingnya, selamat! berarti anda telah berhasil memasang SSL pada server anda.

Pada umumnya pengguna akan mengetikkan nama domain anda tanpa http:// atau https:// di depannya. Karena itu pengunjung harus “dipaksa” (redirect) ke https:// agar setiap pengunjung web anda langsung ke web anda yang sudah diamankan dengan SSL.

Cara konfigurasi SSL ini, tergantung engine web yang anda gunakan. Saya contohkan jika web anda menggunakan WordPress (karena blog ini menggunakan WordPress), anda dapat mengubah url website anda pada bagian Settings (Pengaturan) > General (Umum), silahkan tambahkan https:// pada bagian URL, lalu simpan pengaturannya.

Selanjutnya coba anda buka web anda dengan langsung mengetik domain anda (tanpa https:// atau http://) pada browser. Jika web terbuka langsung dengan protokol https://, selamat! Anda telah berhasil memasang sertifikat SSL cPanel pada website anda.

Sekian panduan singkat cara menambahkan Sertifikat SSL valid gratis dari cPanel dari saya. Semoga bermanfaat untuk pembaca ya.

Leave a Reply