EASEUS – Software Partisi Gratis untuk Windows Vista

Karena teman saya meminta untuk mempartisi hard disk laptop barunya yang bersistem operasi Windows Vista, saya terpaksa harus belajar cara membuat partisi pada Windows Vista. Biasanya saya menggunakan software Partition Magic untuk melakukan partisi hard disk. Sayangnya Partition Magic versi terakhir tidak dapat berjalan pada sistem operasi Windows Vista. Kemudian saya teringat dulu pernah mempartisi menggunakan Acronis. Akhirnya saya meminta software tersebut kepada teman saya Purwa. Kemudian saya mencoba untuk meng-install Acronis Director pada laptop teman saya. Ternyata pada saat proses instalasi, dibutuhkan registrasi yang harus terhubung ke internet. Yah, jadi males deh. Oleh karenanya saya membatalkan penginstalan Acronis dan mencari cara lain untuk melakukan partisi hard disk pada sistem operasi Windows Vista.

Kemudian, saya mencari cara untuk melakukan partisi untuk Windows Vista dengan melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Partisi Windows Vista”. Saya pun mendapatkan beberapa link kepada blog yang menunjukkan bagaimana cara melakukan partisi terhadap Windows Vista. Pada tutorial tersebut dijelaskan cara-cara melakukan partisi pada Windows Vista, namun saya rasa agak repot. Kemudian saya kembali melakukan pencarian melalui Google dengan kata kunci “Free Partition Manager for Vista”. Akhirnya saya mendapatkan link yang menyenangkan hati pada hasil pencarian saya. Link tersebut menunjuk kepada situs www.partition-tool.com.

Pada halaman utama situs tersebut terdapat informasi tentang satu software gratis untuk melakukan partisi. Software tersebut adalah EASEUS Partition Master Home Editon. EASEUS dapat melakukan manajemen hard disk seperti software lainnya. Yang paling penting tentunya karena software ini GRATIS. :D Langsung saja saya download software tersebut dan saya install pada laptop teman saya.

Setelah saya install, saya langsung menjalankan program tersebut dan mencobanya pada laptop teman saya. Sebenarnya ini adalah pertama kali saya melakukan partisi pada Windows Vista dan juga mencoba software partisi ini. Hehehe… maaf ya Eka, laptopnya jadi bahan percobaan saya. :D

EASEUS Partition Master Home EditionTampilan dari EASEUS juga menurut saya tidak berbeda jauh dengan software Partition Magic. Menu-menu yang ada juga mirip dengan software Partition Magic. Yang saya sayangkan hanya penggunaan font pada program tersebut menggunakan Times New Roman sehingga tulisan terlihat tidak baik. Kemudian saya mencoba untuk melakukan partisi terhadap hard disk laptop teman saya menggunakan EASEUS. Saya resize, kemudian membuat partisi baru, dan mengkonversi tipe file sistem partisi yang kedua dari NTFS menjadi FAT32. Kemudian saya apply apa yang telah saya lakukan dan program pun menjalankan pekerjaan yang telah disusun. Karena ada beberapa langkah yang membutuhkan reboot, komputer pun melakukan reboot.

Setelah reboot, software pun menjalankan pekerjaannya. Prosesnya terasa agak lama. Mungkin ini karena disebabkan ukuran hard disk yang cukup besar (500GB) dan juga prosesor yang masih single core (Intel Core2 Solo). Jadi saya tinggal saja ketika proses sedang berlangsung.

Setelah saya kembali dan melihat proses selesai, saya menunggu proses masuk ke Windows Vista. Eh, ternyata di tengah jalan terjadi error yang tidak diinginkan. Wah, jadi deg-degan nih. Sistemnya menyatakan bahwa adanya kesalahan pada startup Windows. Kemudian sistem antisipasi kesalahan dari Microsoft (entah apa namanya) berjalan untuk melakukan perbaikan pada kesalahan yang terjadi. Tetapi ternyata hasilnya Windows tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut. Wah, gimana nih? Ya sudah lah, saya coba untuk restart ulang dan berharap Windows dapat berjalan dengan lancar.

Setelah saya restart, muncul sebuah pesan dari EASUS bahwa proses telah selesai dilakukan. Dan kemudian… Alhamdulillah, akhirnya sistem berjalan dengan lancar dan masuk ke Windows Vista. Fuih… leganya… :D Kemudian saya mengecek kembali keadaan hard disk. Hasilnya, hard disk pun telah terbagi sesuai dengan yang saya inginkan. :)

EASEUS merupakan software partisi yang saya rasakan saat ini cukup baik. Tetapi ada sedikit kekurangan ketika saya menggunakannya, yaitu ketika seluruh task telah selesai dikerjakan kemudian di melakukan restart, pada startup akan mengalami kesalahan (ini terjadi pada OS Windows Vista, saya belum mencoba pada OS yang lain). Tetapi kesalahan tersebut bisa diatasi oleh Windows sendiri karena Windows Vista memiliki kemampuan untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Sehingga untuk startup berikutnya akan berjalan dengan lancar. Mungkin pada versi ini masih agak kurang kompatibel dengan Windows Vista.

Walaupun begitu, saya rasa EASEUS dapat melakukan manajemen hard disk seperti layaknya software manajemen hard disk lainnya. Bagi anda yang ingin mencoba untuk melakukan partisi pada Windows Vista, silahkan download freeware ini. :)

19 thoughts on “EASEUS – Software Partisi Gratis untuk Windows Vista

    1. Salam kenal juga ;)

      Saya masih belum paham dengan maksud anda tetang partisi bawaannya primary-primary. Soalnya yang saya tau partisi bawaannya (yang bisa diinstal) cuma satu yaitu drive C: dan bersifat primary. Adapun partisi yang satu lagi, itu bukan partisi untuk diinstall atau menyimpan data, tetapi partisi yang disediakan khusus menyimpan backup recovery sistem dari Acer Timeline. :)

    1. Jika membuat partisi, tentu data tidak akan terhapus. Karena yang dipisahkan adalah free space pada hard disk. Tetapi jika melakukan delete partisi, tetntu saja data yang ada pada partisi tersebut akan terhapus.

  1. sob, tolong urutin cara2nya atau proses2 yang anda lakukan(mempartisi hardisk di vista)…

    tolong sejelas-jelasnya…
    saya takut salah…

  2. bro q dah pake nich software… tp drive D q ilang… trus q format eh data yg da di drive D pindah di drive E lha data yg E gantian yg hilang… bantuin dunk….

Leave a Reply