Instalasi Kartu Grafis Hybrid ASUS UL80V/UL50V/UL30V di Windows 8/8.1

Bagi pengguna notebook ASUS seri UL80V/UL50V/UL30V yang ingin upgrade ke Windows 8/8.1, atau pengguna yang sudah melakukannya, anda akan menemukan kendala instalasi driver kartu grafis hybrid tidak berjalan dengan baik. Discrete graphic nVidia tidak dapat digunakan dan hanya integrated graphic dari Intel saja yang dapat berjalan baik. Hal ini tentunya akan terasa mubazir karena tidak bisa menggunakan kartu grafis discrete yang bisa digunakan untuk mendongkrak kinerja laptop.

Namun anda tidak perlu khawatir, kini anda dapat menjalankan kedua kartu grafis tersebut dan menggunakan dengan baik dengan mengikuti tahapan berikut ini yang saya dapatkan dari tomshardware.com.

  1. Tentunya sudah tersedia laptop ASUS UL80V/UL50V/UL30V yang sudah ter-install Windows 8 atau Windows 8.1
  2. Buka folder C:\Windows\System32\DriverStore\FileRepository dan hapus dua folder yang diawali dengan tulisan “nv_lh.int” (driver standar NVIDIA) dan “igdlh11.inf” (driver standar INTEL). Jika tidak menenemukan kedua folder ini, anda bisa mengabaikannya.
  3. Uninstall kedua driver Display Adapters melalui Device Manager (tandai pilihan Delete the driver software for this device”).
  4. Restart komputer
  5. Download driver kartu grafis NVIDIA Hybrid Power Technology with Intel Chipset versi 186.88 untuk 64 bit, kemudian ekstrak. Jangan jalankan installer-nya.
  6. Buka lagi Device Manager, anda akan menemukan dua buah “Microsoft Basic Display Adapters” pada bagian “Display Adapters”.
  7. Masuk ke bagian “Properties” pada kartu yang grafis kedua, pilih tab “Details”, lalu pilih “Hardware Ids”. Anda akan menemukan isian PCI\VEN_10DE&DEV_……….
  8. Jika tidak ada, cek bagian display adapter yang lain.
  9. Jika sudah ditemukan, piih “Driver” dan klik “Update Driver”, pilih “Browse my computer for driver software”, kemudian pilih folder driver nVidia yang sudah diekstrak, (tandai include subfolders) kemudian klik “Next”
  10. Saat proses instalasi sedang berjalan, layar akan berkedip dan tampilan desktop hilang. Ini adalah proses normal. Tunggu hingga instalasi selesai kemudian dan tekan tombol finish, lalu restart komputer.
  11. Hanya install driver untuk nVidia saja. Driver Intel akan ter-install secara otomatis.
  12. Download ASUS Power4Gear Hybrid versi 2.17 dan ATKACPI driver and hotkey-related utilities versi 1.0.0026 untuk Windows 8 pada halaman web ASUS VivoBook S200E utility page, kemudian install.
  13. Restart kembali komputer
  14. Sekarang anda dapat menggunakan kedua kartu grafis (hybrid), dan anda dapat mengontrol penggunaannya pada area notifikasi.
  15. Jangan meng-upgrade driver kartu grafis, karena nVidia tidak lagi mendukung kartu grafis hybrid nVida dan Intel.

Catatan:

  • Setelah saya meng-install ASUS Power4Gear Hybrid versi 2.17 di laptop saya (UL30V), programnya tidak berjalan dengan baik untuk melakukan pergantian antar kartu grafis (integrated ↔ dedicated). Sehingga saya uninstall program ASUS Power4Gear Hybrid. Solusinya, anda bisa atur penggunaan kartu grafis (integrated/dedicated) pada Power Options laptop anda. Anda bisa menentukan profil baterai dan kartu grafis yang anda gunakan. Secara default, ada tiga jenis profil Power Options yang ada, yaitu: High Performance, Balance, dan Power Save. Sebagai contoh, saya menggunakan kartu grafis discrete (increased performance) untuk profil High Performance dan Balance. Sedangkan untuk Power Save, saya gunakan kartu grafis integrated (save power).
  • Cara mengubah profil, klik ikon baterai laptop –> More power options –> Pilih profil yang ingin dirubah –> Change plan settings –> change advanced power settings. Pada bagian GPU settings, pilih NVIDIA Hybrid Graphics, kemudian sesuaikan kartu grafis yang akan anda gunakan (Increased performance/save power) untuk profil Power Options yang dipilih.

Power Options

  • Saat melakukan pergantian kartu grafis, akan mengalami kendala jika browser Google Chrome sedang berjalan. Jadi anda harus mematikan Google Chrome terlebih dahulu jika ingin melakukan pergantian kartu grafis.

Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply