Jaringan Baru Super Internet Cepat

Internet 4G-LTE saat ini sudah mulai memasuki pasar Indonesia. Beberapa telco di Indonesia pun sudah memulai uji coba jaringan 4G-LTE di beberapa daerah. Salah satu telco yang juga ikut meramaikan pasar 4G-LTE adalah Indosat. 4G-LTE merupakan jaringan nirkabel penerus 3G dengan standar baru yang memiliki kapasitas dan kecepatan jaringan yang lebih tinggi dibandingkan jaringan 3G. Kecepatan akses jaringan Indosat Super 4G LTE adalah hingga 185 Mbps untuk download dan 41 Mbps untuk upload. Tentunya ini akan membuat pengalaman baru bagi para pengguna internet dalam melakukan aktifitasnya di dunia maya, karena semuanya akan terasa lebih cepat.

Walaupun saat ini saya belum bisa mencicipi rasanya 4G-LTE, saat ini saya masih cukup puas dengan koneksi 3G/HSDPA yang saya gunakan saat ini. Kebutuhan untuk eksis di sosial media, mencari informasi dengan Google, atau membaca berita masih bisa ditangani dengan koneksi 3G/HSDPA. Namun, untuk video streaming seperti YouTube rasanya masih “agak” menyiksa dengan jaringan ini.

Saat ini saya berlangganan paket Super Internet dari Indosat dengan harga Rp 49.000 dengan kuota yang bisa dibilang berlimpah, yaitu 11 GB dengan masa aktif 30 hari. Kuota sebanyak itu cukup untuk bereksis ria di dunia maya. Lalu, seberapa cepatkah kecepatan Internet yang bisa saya dapatkan dengan harga Rp 49.000? Kita cari tahu jawabannya dengan tes kecepatan internet yang saya lakukan menggunakan dua smartphone saya, yaitu LG Nexus 4 dan Nokia Lumia 820 dengan aplikasi 4G Mark untuk mengetes kecepatan internet.

Sebelum pengujian, kita ketahui dulu spesifikasi singkat dari kedua smartphone yang saya gunakan (sumber: GSM Arena).

Compare_Nexus4_Lumia820

Skema tes yang saya gunakan untuk menguji kecepatan internet adalah dengan melakukan pengetesan sebanyak 10 kali di setiap perangkat menggunakan sim-card yang sama pada kedua smartphone, serta lokasi pengetesan dilakukan di tempat yang sama. Sebenarnya sih kurang banyak jumlah pengetesannya, berhubung waktu dan kuota yang terbatas jadi saya batasi hingga 10 kali saja.  Hasil dari tes tersebut kemudian diambil nilai rata-ratanya kemudian dibandingkan. Berikut hasil pengujian yang telah saya lakukan.

Hasil Tes LG Nexus 4

Nexus4Test-compressor

Hasil Tes Nokia Lumia 820

LumiaTest-compressor

Perbandingan Hasil Tes

Hasil tes kecepatan internet antara LG Nexus 4 dengan Nokia Lumia 820 ternyata terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil tes memperlihatkan bahwa LG Nexus 4 mendapatkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan Nokia Lumia 820. Berikut tabel perbandingan hasil tes yang telah saya lakukan.

speed_test_4gmark

Pada tabel di atas terlihat bahwa rata-rata kecepatan yang didapatkan dalam tes kecepatan koneksi internet, LG Nexus 4 lebih unggul lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan Nokia Lumia 820. Saya kurang tau pasti apa sebenarnya penyebab utama yang membuat hasil ini berbeda jauh. Namun saya menduga ini disebabkan oleh spesifikasi kedua perangkat berbeda, terutama pada bagian unit processor (CPU). Seperti pada tabel spesifikasi yang telah ditampilkan sebelumnya, LG Nexus 4 menggunakan CPU Quad-Core 1.5 GHz Krait, sedangkan Nokia Lumia 820 menggunakan CPU Dual-Core 1.5 GHz Krait. Walaupun keduanya memiliki kecepatan processor yang sama, namun LG Nexus 4 menggunakan processor empat inti, sedangkan Nokia Lumia hanya menggunakan processor dua inti. Tentunya processor dengan empat inti lebih baik dibandingkan dengan processor dengan dua inti.

Tips Menggunakan Internet Indosat

Bagi pelanggan Indosat yang berlangganan Super Internet, saya menyarankan dua aplikasi yang sebaiknya terpasang pada smartphone yang digunakan, yaitu aplikasi Indosat Assistant dan aplikasi Indosat Super WiFi. Kedua aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pengguna dalam menggunakan layanan Super Internet Indosat. Berikut penjelasan singkat dari kedua aplikasi tersebut.

Aplikasi Indosat Assistant (INSTANT)

indosat_instant

Indosat Assisstant (INSTANT) merupakan aplikasi yang berfungsi mengetahui informasi lengkap pelanggan indosat secara detail seperti jumlah pulsa, masa aktif, paket yang sedang digunakan, pembelian paket internet, dan lainnya. Tetapi menurut saya yang terpenting pada aplikasi Indosat Assistant adalah informasi penggunaan kuota internet. Karena Indosat membagi kuota internet menjadi tiga bagian, dengan aplikasi Indosat Assistan pengguna dapat mengetahui penggunaan setiap bagian kuota yang telah digunakan. Jadi, lebih mudah untuk mengetahui kapan saatnya untuk menambah kuota ekstra jika kuota utama telah habis. Aplikasi ini tersedia pada Google Play Store, App Store, dan Windows Store. Selain aplikasi pada smartphone, tersedia juga Indosat Assistant versi web yang dapat diakses melalui browser.

Aplikasi Indosat Super WiFi

indosat_superwifi

Satu lagi aplikasi yang sebaiknya terpasang pada smartphone pelanggan Indosat adalah Indosat Super WiFi. Indosat Super WiFi merupakan layanan internet unlimited melalui jaringan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi hingga 20 Mbps yang sudah mendukung teknologi EAP – SIM (Extensible Authentication Protocol – SIM) sehingga pelanggan tidak perlu mengisi username dan password (seamless) ketika akan terhubung ke jaringan Super WiFi namun cukup menggunakan SIM Card Indosat yang masih dalam periode masa aktif.

Bagi pengguna yang berlangganan Super Internet Indosat, akan mendapatkan akses ke jaringan Indosat Super WiFi. Aplikasi Indosat SuperWiFi ini sangat membantu untuk mendapatkan informasi di mana saja lokasi-lokasi yang tersedia jaringan Indosat Super WiFi, dan menghubungkan perangkat ke jaringan Indosat Super WiFi dengan mudah. Aplikasi ini juga tersedia pada Google Play Store, App Store, dan Windows Store.

Pembelian Aplikasi Google Play Store via Indosat

indosat_carrier_billingSatu lagi layanan yang menarik dari Indosat yang baru-baru ini diluncurkan adalah dukungan pembelian aplikasi pada Google Play kini dapat menggunakan pulsa Indosat. Layanan Carrier Billing Indosat dengan Google Play adalah layanan pertama di Indonesia yang memudahkan membeli aplikasi, game, atau konten lainnya di Google Play Store melalui pemotongan pulsa langsung (prabayar IM3 & Mentari) atau melalui tagihan bulanan (pascabayar Matrix). Ini sangat membantu sekali bagi saya dan pengguna Indosat lainnya yang ingin membeli aplikasi di Google Play tanpa harus membeli voucher Google Play Gift atau menggunakan kartu kredit.

Leave a Reply