Review Aplikasi Garda Mobile OtoCare – Asisten Pribadi Pemilik Kendaraan Bermotor

otocare_logoAsuransi Astra, penyedia asuransi mobil Garda Oto, telah meluncurkan aplikasi mobile yang bernama Garda Mobile OtoCare pada tanggal 3 Juni 2015 yang lalu di Plaza Senayan, Jakarta. Dengan moto “Peace of Mind in Your Pocket”, OtoCare diharapkan dapat membantu pemilik kendaraan bermotor memonitor kendaraannya. Otocare juga dapat membantu pemilik kendaraan bermotor mengingat jadwal-jadwal penting seperti perpanjang SIM atau STNK, atau jadwal perawatan kendaraan. Tidak hanya itu, OtoCare juga memberikan info-info yang bermanfaat bagi para pengendara seperti lokasi-lokasi fasilitas umum dan artikel-artikel informatif tentang berkendara aman dan nyaman. Saat ini, Garda Mobile OtoCare tersedia untuk platform Android dan iOS. Bagi pengguna yang mengunduh OtoCare hingga 31 Juli 2015 akan mendapat manfaat istimewa e-Garda Oto eXperience Card (e-GOXC) berupa satu kali layanan darurat di jalan 24 jam Garda Siaga secara gratis untuk perlindungan selama musim mudik lebaran 2015.

 

Aplikasi OtoCare ini menurut saya menarik, karena kita sebagai pemilik kendaraan terkadang kurang memperhatikan kondisi kendaraan. Lupa melakukan service rutin, tidak mengatur biaya operasional kendaraan, atau lupa memperpanjang SIM atau STNK sehingga terkena denda jika terlambat. Nah, aplikasi Otocare ini bisa menjadi solusi permasalahan tersebut. Sesuai dengan motonya “Peace of Mind in Your Pocket”, aplikasi Otocare membantu menenangkan pikiran anda dari masalah-masalah tadi. Walaupun anda saat ini belum menjadi pelanggan asuransi Garda Oto, anda tetap bisa menggunakan OtoCare.

Setelah anda memasang aplikasi OtoCare pada smartphone, anda diharuskan untuk mengisi informasi profil terlebih dahulu. Terdapat dua profil yang harus diisi, yaitu informasi personal berupa nama, masa berlaku SIM, dan sebagainya, serta informasi kendaraan yang dimiliki seperti tipe mobil, plat nomor, masa berlaku STNK, dan sebagainya. Setelah kedua informasi tersebut dilengkapi, barulah aplikasi ini dapat digunakan.

otocare

Secara default, aplikasi ini akan menuju ke halaman utama aplikasi, yaitu Home. Halaman ini menampilkan informasi utama, yaitu Reminder, Fuel Monitor, Service, Report, dan tiga buah shortcut layanan Garda Oto, seperti Call Garda Akses, Inbox, dan Garda Oto Claim. Terdapat empat jenis reminder pada aplikasi ini, yaitu reminder untuk polis asuransi, service kendaraan, perpanjang SIM, dan perpanjang STNK. Memang, terkadang pengendara sering kali lupa untuk melakukan hal-hal penting tersebut. Karena itulah OtoCare hadir sebagai asisten pribadi yang siap untuk selalu mengingatkan penggunanya untuk hal-hal penting tersebut.

monitor

Untuk membantu memonitor biaya operasional kendaraan, OtoCare dapat digunakan untuk mencatat biaya-biaya pembelian bahan bakar atau perawatan kendaraan melalui menu Fuel Monitor dan Service. Secara otomatis, biaya-biaya yang telah dicatat akan dibuat ringkasan menjadi biaya operasional harian kendaraan (cost per day) yang ditampilkan pada halaman Home. Pengguna juga dapat melihat dan mengevaluasi kinerja kendaraannya dengan mengamati rekap pengeluaran bulanan pada bagian Report. Hal ini dapat membantu pengguna dalam mengatur keuangannya, khususnya perencanaan biaya operasional kendaraan.

inbox

Inbox pada aplikasi OtoCare berisi info-info dari Garda Oto. Sebagai contoh, saya mendapatkan e-Garda Oto eXperience Card (e-GOXC) dari Garda Oto karena telah mengunduh aplikasi OtoCare pada masa promosi peluncuran OtoCare. Terdapat pula info-info menarik lainnya  seperti event-event dari Garda Oto yang akan langsung dikirim oleh Garda Oto ke dalam inbox.

Jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu terhadap kendaraan anda, anda dapat menekan tombol Call Garda Akses untuk panggilan cepat layanan call center 24 jam yang siap membantu anda. Jika anda mendapatakan e-GOXC setelah mengunduh OtoCare (unduhan hingga 31 Juli 2015), anda sudah dapat memanfaatkan fitur Garda Akses sebanyak satu kali selama masa mudik lebaran 2015. Bagi pelanggan asuransi mobil Garda Oto, Garda Oto Claim dapat membantu proses klaim kendaraan anda.

nearme

Salah satu yang paling menarik bagi saya pada aplikasi OtoCare adalah Near Me. Near Me menampilkan daftar kantor cabang Asuransi Astra, Garda Center, Rumah Sakit, SPBU, Supermarket, dan Apotek yang diurutkan berdasarkan tempat yang paling dekat dengan lokasi anda berada. Tidak hanya sekedar menampilkan infonya saja, tetapi juga memberikan panduan arah menuju lokasi yang diinginkan. Selain tempat-tempat tadi, ada juga informasi posko mudik yang tentunya bermanfaat bagi anda yang berencana melakukan perjalanan mudik lebaran nanti. Layanan Near Me ini membutuhkan fungsi GPS menyala pada smartphone anda.

knowldege

Selain sebagai asisten pribadi yang dapat mengingatkan penggunanya untuk hal-hal penting atau membantu memonitor kendaraannya, OtoCare juga memberikan artikel-artikel informatif tentang cara berkendara yang aman dan nyaman. Anda bisa membaca artikel-artikel tersebut di bagian Knowledge aplikasi OtoCare.

Kesimpulan

Kehadiran aplikasi OtoCare ini sangat bermanfaat bagi pemilik kendaraan bermotor. Dengan OtoCare, anda tidak perlu khawatir lagi kelupaan memperpanjang SIM atau STNK, membayar polis asuransi, atau jadwal perawatan kendaraan. Fungsi monitoring OtoCare dapat membantu pengguna mengatur biaya operasional kendaraan. Near Me yang sangat informatif memberikan informasi lokasi-lokasi penting di sekitar pengguna, serta Knowledge yang memberikan informasi-informasi bermanfaat untuk anda dan kendaraan anda. Segera unduh dan pasang aplikasi gratis OtoCare pada smartphone anda sekarang, dan dapatkan benefit e-GOXC dari Garda Oto.

Download OtoCare Sekarang
OtoCare Google Play
OtoCare iTunes

Referensi: Garda Mobile, CHIP Online

Leave a Reply