Review Aplikasi Pesan Telegram vs. WhatsApp

Logo TelegramTelegram, salah satu aplikasi pesan yang kemarin-kemarin sempat booming ketika layanan WhatsApp down selama empat jam. The Verge melaporkan lebih dari 5 juta orang mendaftar akun Telegram karena hal itu sehingga menjadikan aplikasi Telegram berada di papan atas App Store, serta menjadi aplikasi gratis terbaik di 46 negara (sumber: The Verge). Aplikasi Telegram dipelopori dan disponsori oleh seorang matematikawan dan programmer berkebangsaan Rusia bernama Nikolai Durov.  Katanya, alasan utama aplikasi ini dibuat adalah untuk membuat komunikasi yang tidak bisa diakses oleh agen keamanan Rusia.

THE NO. 1 REASON FOR ME TO [HELP LAUNCH] TELEGRAM WAS TO BUILD A MEANS OF COMMUNICATION THAT CAN’T BE ACCESSED BY THE RUSSIAN SECURITY AGENCIES.

Sebenarnya saya sendiri agak malas untuk “lagi-lagi” meng-install aplikasi pesan, karena sudah cukup banyak yang ter-install di smartphone saya. Namun karena penasaran kenapa aplikasi tersebut bisa tiba-tiba booming, saya pun meng-install-nya. Hasilnya, saya menyukai aplikasi yang satu ini.

6 thoughts on “Review Aplikasi Pesan Telegram vs. WhatsApp

Leave a Reply