Review Power Bank ASUS ZenPower 10.050 mAh

tampilan_zenpowerBersamaan dengan peluncuran smartphone ASUS Zenfone 2 pada bulan April yang lalu, ASUS meluncurkan ASUS ZenPower untuk memenuhi kebutuhan pasar sumber daya cadangan gadget masa kini. ASUS ZenPower merupakan power bank berkapasitas 10.050 mAh dengan ukuran seperti kartu kredit berbobot 215 gram yang terasa nyaman untuk digenggam. Balutan casing alumunium seperti produk Zen dari ASUS lainnya seperti smartphone ZenFone atau ultrabook ZenBook, membuat power bank ini terlihat premium. Hadir dalam lima varian warna (gold, silver, black, cyan, dan magenta), ASUS ZenPower dibanderol dengan harga Rp 269.000. 

paket_penjualanPaket penjualan ASUS ZenPower tampil minimalis. Dalam kotak penjualan yang berukuran 7,6 cm x 9,3 cm x 2,3 cm, paket penjualan berisi satu unit ASUS ZenPower, sebuah kabel MicroUSB sepanjang 16 cm, buku panduan penggunaan ASUS ZenPower, dan tentunya kartu garansi untuk klaim jika produk yang didapatkan oleh pembeli tidak dalam kondisi baik. Sebagai aksesoris tambahan, tersedia karet silikon yang dijual terpisah dengan beberapa varian warna untuk melindungi ASUS ZenPower dari goresan dan membuat lebih nyaman untuk digenggam.

Walaupun terbilang baru memasuki pasar power bank, tentunya ASUS ingin memberikan pengalaman yang terbaik untuk pelanggannya. Keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas ASUS dalam setiap produk agak konsumen tidak kecewa. Tidak hanya cantik dan bertenaga, ASUS menyematkan teknologi-teknologi ekslusif pada ASUS ZenPower untuk memberikan pengalaman terbaik, serta keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

teknologi_powersaveTeknologi eksklusif PowerSafe yang ada pada ASUS ZenPower akan membuat anda lebih tenang ketika proses charging pada perangkat atau charging ASUS ZenPower itu sendiri. PowerSafe sendiri memiliki beberapa fungsi, yaitu Temprature Protection: melindungi power bank dari kelebihan panas, Short Circuit Protection: melindungi dari hubungan arus pendek listrik, Input Over Voltage Protection: melindungi dari kelebihan tegangan listrik yang masuk, Output Over Voltage Protection: melindungi dari kelebihan tegangan listrik yang keluar, Input Reverse Direction Protection: melindungi dari kesalahan masukan listrik yang terbalik, OverCharge/OverDischarge Protection: melindungi dari pengisian daya yang berlebih atau kehabisan daya total, Output Over Current Protection: melindungi dari arus listrik yang keluar berlebih, Cell PTC Protection, Adapter Protection, dan JEITA Protection (proteksi dari suhu berlebih). Tidak hanya perlindungan dari sisi teknologi, ASUS ZenPower juga mendapatkan 6 sertifikasi keamanan standar internasional sehingga produk ini lebih terjamin dari sisi keamanannya.

Pengujian

Kali ini saya melakukan pengujian cepat (quick test) untuk ASUS ZenPower yang saya terima dengan melakukan charging terhadap tiga perangkat yang saya miliki, yaitu Nokia Lumia 820 (Li-Ion 1.650 mAh), LG Nexus 5 (Li-Ion 2.300 mAh), dan iPad Mini WiFi (Li-Ion 4.490 mAh). Secara keseluruhan, total sumber daya yang dibutuhkan untuk charging dari tiga perangkat tersebut (jika benar-benar kosong) adalah 8.440 mAh. Artinya dengan sebuah ASUS ZenPower saya dapat memenuhi kebutuhan ketiga perangkat yang saya miliki.

perangkat_uji

Pengujian kali ini yang saya fokuskan adalah menguji kecepatan pengisian sumber daya perangkat. Sebagai standar pengujian, proses charging perangkat dengan ASUS ZenPower dimulai dari keadaan low battery 10% hingga terisi 100%. Kondisi perangkat charging dalam keadaan standby. GPS, WiFi, dan Bluetooth juga dalam kondisi mati agar proses charging bisa lebih cepat.

Hasil pengujian, proses charging Nokia Lumia 820 (1.650 mAh) dari 10% hingga 100% (pengisian sekitar 1.485 mAh) membutuhkan waktu sekitar ±90 menit (±16,5 mAh/menit), LG Nexus 5 (2.300 mAh) dari 10% hingga 100% (pengisian sekitar 2.070 mAh), membutuhkan waktu sekitar ±132 menit (±15,68 mAh/menit), dan  iPad Mini (4.490 mAh) dari 10% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar ±236 menit (±17,12 mAh/menit)Jika dirata-ratakan, kecepatan pengisian ketiga perangkat adalah ±16,43 mAh/menit.

Catatan: Hasil pengujian ini bukanlah hasil mutlak, tetapi hanya pengujian cepat secara pribadi.

Kesimpulan

paket_penjualan_zenpowerPower bank yang satu ini patut anda miliki bagi anda yang membutuhkan sumber daya cadangan untuk gadget-gadget anda yang haus daya. Kapasitas besar dengan bentuk fisik yang kecil tentunya akan lebih mudah anda bawa ke mana-mana. Teknologi PowerSafe dan sertifikasi keamanan internasional, akan membuat anda merasa lebih nyaman dalam menggunakannya. Rp 269.000 adalah harga yang pantas untuk produk yang satu ini.

ASUS ZenPower 10.050 mAh

Rp 269.000
8.7

Design

9.0/10

Performa

9.0/10

Fitur

8.0/10

Pros

  • Teknologi PowerSafe yang menarik
  • Kapasitas besar dengan ukuran kecil
  • Nyaman digenggam

Cons

  • Paket penjualan sangat minimalis
  • Kabel microUSB pendek

2 thoughts on “Review Power Bank ASUS ZenPower 10.050 mAh

Leave a Reply