Solusi Masalah Kompatibilitas Modem USB HSDPA ZTE MF627 pada Windows 7

Note!
Silahkan download driver & software untuk modem ZTE MF627 di artikel: ZTE MF627 – Windows 7 Driver & Software
Modem USB ZTE MF627 merupakan modem yang saya bilang murah meriah. Dengan harga yang cukup murah anda bisa mendapatkan modem HSDPA dengan kecepatan 3.2 Mbps. Saya juga sudah cukup banyak menjual modem ini. Hasilnya pun memuaskan. Walaupun garansinya hanya terbatas 6 bulan saja, tetapi cukup banyak yang berminat dengan modem ini. Modem ZTE MF627 yang saya dapatkan merupakan ex bundel dari operator three UK. Jadi masih terdapat logo three pada modem tersebut.

Beberapa hari yang lalu, saya menjual modem ini kepada teman adik saya. Seperti biasa, sebelum saya langsung berikan barangnya saya tes terlebih dahulu modem tersbut. Takutnya ada masalah seperti modem tidak dapat mendeteksi kartu, atau sebagainya. Ketika saya tes pada komputer di rumahh saya yang menggunakan sistem operasi Windows XP, modem tersebut terdeteksi dan berjalan dengan normal. Oleh karena itu, saya anggap modem tersebut tidak ada masalah kemudian saya berikan kepada pembeli.

Setelah barang tersebut sampai pada pembeli, pembeli tersebut mengeluhkan bahwa modem tersebut tidak dapat digunakan. Katanya sih tidak bisa mendeteksi kartunya. Akhirnya saya minta kembali modem tersebut kepada adik saya kemudian saya tes kembali. Alhasil, ternyata modem tetap berjalan baik pada komputer saya. Kemudian adik saya berkata bahwa laptop temannya itu menggunakan sistem operasi Windows 7. Tetapi, menurut saya sistem operasi tidak masalah, karena jakartanotebook menyatakan bahwa modem ini dapat berjalan pada Windows 7. Akhirnya saya minta laptop dan modemnya untuk diperiksa.

Ternyata memang benar. Modem ZTE MF627 tidak dapat terdeteksi oleh sistem operasi Windows 7 pada laptop teman adik saya. Kemudian saya coba pada laptop lain dengan sistem operasi Windows 7 juga, hasilnya sama, modem tidak dapat digunakan. Walaupun menggunakan Windows Update, driver tidak ditemukan.

Kemudian saya mencoba untuk melihat website jakartanotebook. Mungkin saja saya akan menemukan driver-nya di sana. Karena biasanya jakartanotebook menyimpan update driver pada situsnya. Setelah saya melihat-lihat review dari modem tersebut, ternyata memang banyak kasus modem tersebut tidak terdeteksi pada Windows 7. Tetapi, ada dua review yang memberikan solusi untuk permasalahan teresebut.

Berikut adalah solusi pertama dari reviewer modem tersebut (Ditulis oleh Christian Vega Computer pada tanggal 08 April 2010):

Cara Install Di Windows 7

Untuk penginstalan pada windows XP pasti tidak ada masalah . Tetapi , bagaimana untuk windows 7 ? Apabila dilakukan penginstallan seperti biasa, pasti anda akan mengalami masalah tidak terdeteksinya sinyal dari kartu . Untuk itu ada trik yang dilakukan untuk menginstall modem ini di windows 7 1. Cabut/Unplug modem anda, kemudian uninstall software yang telah terinstall 2. Tancapkan kembali modem , tunggu sampai dialog autoplay muncul 3. Ketika dialog muncul, pilih untuk melihat isi folder (jangan klik autorun), dan masuk ke folder installasi 4. Klik kanan pada setup.exe, kemudian pilih TROUBLESHOOT COMPABILITY 5. Biarkan proses detect issue berjalan, itu akan berjalan 10-30 detik . Jika lebih lama mohon dengan sabar menunggu 6. Klik TRY RECOMMENDED SETTING, lalu proses akan berlanjut ke RESOLVING ISSUE dan akhirnya itu akan merekomendasikan untuk settingan terbaik 7. Klik START THE PROGRAM, kemudian ikuti langkah2 penginstallan seperti biasa 8. Setelah selesai, cobalah untuk connect ke internet, pastinya sekarang tidak ada masalah dalam deteksi sinyal 9. Klik NEXT di COMPABILITY DIALOG BOX , dan klik YES, SAVE THESE SETTINGS FOR THIS PROGRAM

Melihat review di atas, saya menjadi lega karena saya menemukan salah satu solusi untuk problem modem ini. Tetapi saya masih meneruskan membaca review modem tersebut hingga habis. Ternyata saya menemukan review yang memberikan solusi lebih ringkas lagi. Berikut solusi kedua yang saya temukan pada review modem tersebut (ditulis oleh Ivan Wirawan Setiadi pada tanggal 12 April 2010):

Update Driver Zte Modem Untuk Windows 7

Menurut penjelasan situs ZTE, modem ini gagal diload drivernya di windows 7 karena kurang update, maka mereka menyarankan untuk melakukan upgrade ke driver windows 7. Silahkan baca dan download di : link update driver ZTE Modem (*link saya singkat*) Cara lain ya seperti yang sudah dipostingkan yaitu menjalankannya di compatibility windows xp sp2 Silahkan dicoba – terima kasih JakNot atas modem murah dan berkualitasnya.

Solusi kedua merupakan solusi yang paling mudah dilakukan. Tinggal men-download driver update modem ZTE untuk Windows 7, kemudian install, masalah modem pun terselesaikan. Saya sudah mencoba cara ini dua kali dan berhasil. Modem dan USIM dapat dikenali oleh Windows 7. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda. :)

Update (02 Oktober 2011)

Karena link update driver ZTE Modem sudah expired, jadi saya upload filenya di tempat lain. Silahkan download driver ZTE MF627 di sini. Terima kasih. (Thanks to anasyusuf.com:)

70 thoughts on “Solusi Masalah Kompatibilitas Modem USB HSDPA ZTE MF627 pada Windows 7

  1. Yang no 2? Yang donlot terus update maksudnya?

    Saya memang menggunakan yang itu. Karena itu solusi yang paling mudah. Solusi nomor 2 adalah mengupdate driver dari modem ZTE yang sudah terinstall di komputer.

    Saya belum pernah mencoba jika menggunakan Telstra, karena kalau bawaan maodem saya dari toko sudah menggunakan Globe Visibility.

  2. dear all,

    Sampai sekarang saya belum bisa pake Modem ZTE MF627 yang baru saya beli kira-kira 2 minggu lalu…
    OS Windows XP service pack 3, Antivirus terpasang Avast & SmadAV 8.1…

    Kejadiannya begini :
    pertama kali dicolok tidak bisa mendeteksi CD-ROM nya (tempat driver bawaan modem)
    setelah 3~4 kali cabut & colok akhirnya bisa terdeteksi juga folder tempat drivernya…
    autorun tidak aktif,

    waktu coba di running manual (program instalasi drivernya), terdeteksi bahwa file tsb ternyata mengandung virus… dan langsung ‘diselesaikan’ oleh antivirus yang terpasang… berikutnya folder driver tsb tdk pernah bisa muncul lagi…

    walhasil sampai hari ini saya belum bisa menikmati kecanggihan MF627 tsb…

    Mohon bantuannya…
    thanks,

    (p’se send to my e-mail : marsredjo@yahoo.com)

    1. Hmm… boleh tau beli dimana? Kemudian software bawaan modemnya apa? Global Visibility Connector atau apa?

      Kalau saran saya, pertama anda cari dulu software update untuk modemnya. Kedua, lebih baik anda segera tukarkan barangnya di tempat anda beli.

  3. gan..
    saya msh blum bsa pake modem ZTE ny..saya pake windows 7,..kartu,sinyal udh ke detect,pake yg tesltra..tp usb ny ttp g kbaca sama laptopny, 2 cara yg diatas udh d coba..tp tetep port usb g bs detect,udh donlod driver ZTE bwt windows 7,g bs jg..
    gmn y??
    need help…

    1. Udah coba di XP sebelumnya? Jalan normal?

      Kalau misalkan di XP masih masalah, berarti modemnya memang bermasalah. Kalau berjalan dengan baik, waduh saya belum nemu solusi yang lain.

      Btw, tesltra itu apanya ya? Software untuk modemnya? Saya menggunakan Globe Visibility Connection Manager soalnya.

  4. thx atas petunjuknya ya boss….
    sekarang modem sdh sukses terdetect. tadinya sy sdh download driver for windows7 dan langsung saya install baru colok modem. ternyata malah ada komponen yg tdk terdeteksi. solusinya emang uninstall dulu softwarenya, colokin lagi trus ikuti langkah 1… selesai deh.

  5. Mau tanya dong.. Waktu itu saya sudah pernah menggunakan modem ZTE dengan baik selama beberapa hari..
    Kemudian nggak tau kenapa saat saya selesai menggunakannya dan saya safely remove hardware, trus pas saya colokin lagi usb nya dan coba buat connect lagi, muncul tulisan “a connection to the remote computer could not be established, so the port used for this connection was closed. For further assistance, click More info or search Help and Support Center for this error number”
    Saya juga sudah mengganti dengan kartu lain, tapi kalimat yg sama muncul spt itu..
    Kira2 ada apa ya? Terima kasih…

    1. Hmm… Saya juga sebenarnya pernah mengalami hal seperti itu. Yang saya tau itu dikarenakan jaringan yang sedang error. Coba dikonfigurasi ulang networknya seperti username, password, dan sebagainya.

  6. saya pake windows xp sp3. instalasi modem usb zte mf 627 gagal ada komentar “acces violation at address 0056DO46 in modul UIMain.exe. Read of address 00002EC”
    “exception exception in modul dll_netcard_r.dll at 0004CDF3”. tolong beri solusi. kirim ke sudiluwung@gmail.com. Matur nuwun.

  7. @sudiyanto
    Wah maaf ni, saya lum coba lagi klo di Windows XP. Belum juga nemuin error semacam itu. Coba dulu di komputer lain. Kalau misalkan masih seperti itu, kemungkinan kerusakan pada modemnya.

  8. kenapa ya tiap nyolokin modem mf627 di kompieku selalu muncul undetect (u) sim, pake join air ma windows xp..

    ada solusi????

    1. Saya juga pernah mengalami masalah seperti yang anda alami. Ternyata kerusakan terjadi pada modemnya karena memang tidak bisa mendeteksi sim card. Kemungkinan lain adalah, sim card yang anda gunakan rusak.

      Untuk mengeceknya, jika anda menggunakan berbagai sim card namun tetap tidak terdeteksi, berarti modem anda yang rusak. Kalau anda menggunakan sim card lain pada modem anda kemudian terdeteksi, kemungkinan sim card anda gunakna yang rusak.

  9. Yup, benar om… modemnya dah rusak..
    dah ganti hampir semua simcard gsm, tetep selalu aja undetect u sim..
    padahal baru 7 bulan pake…
    [-(

  10. saya pake modem ztemf627 di xp sp2. anehnya modem itu hanya bisa conect ke internet jika pake kartu xl saja. kalau kartu tree, m3, simpati gak mau…..padahal signalnya juga udah keluar. gimana solusinya? matur sembah nuwun

    1. @aun
      Apakah settingan ISP nya sudah benar? Seperti APN, Username, dan Password. Karena masing-masing ISP ada setingannya tersendiri.

      @yosefa
      Hmm.. seharusnya sih memang tidak berpengaruh mau pake modem apa. Memang benar kata temen anda. Yang paling berpengaruh itu ISP. Apa sudah pernah mencoba kartu lain pada modemnya? Kalau belum, mungkin bisa dicoba dan dibandingkan. :)

  11. saya mau tanya,,
    saya punya modem model ini, tapi kok lelet banget ya,,
    saya ganti kartunya ke modem lain lancar,,
    saya ga begitu tau soal modem,,
    tapi kata temen saya, modem ga begitu ngaruh, yang penting kartu yang digunakan,,
    ada solusi ga,kenapa lelet??
    thank’s,,

  12. tolongin saya dong, saya pake modem telkomsel flash advan. kartu flash. awalnya saya lancar2 saja memakai moem itu, tapi suatu hari baterai laptop saya habis ketika saya sedang connect ke internet. kemudian laptop pun mati. lalu saya menyalakan kembali laptop dan mencoba connect ke internet lagi. tapi ternyata modem saya tidak mendeteksi sim card (no sim). padahal kertu tidak terbalik atau rusak. gara2 mati lampu saja. bisa kasih masukan kenapa penyebabnya?
    makasih.

    1. Wah, kalau tidak kartunya yang rusak kemungkinan modemnya yang rusak. Saya juga pernah beberapa kali membeli modem baru beli yang tidak dapat mendeteksi kartu.

      Saran dari saya, coba dicek dulu menggunakan kartu lain. Jika masih begitu, kemungkinan modemnya yang rusak. Kalau masih garansi, sepertinya masih bisa diterima. Kalau misalkan menggunakan kartu yang lain masih bisa terdeteksi, kemungkinan kartunya yang rusak. Kalau masalahnya demikian, berarti mesti ganti kartu.

    1. @rangga

      Justru biar bisa konek, update dulu drivernya pake driver yang terbaru. Install aja, install-nya ga perlu modem lagi dipasang. Setelah update driver selesai, baru pasang modemnya.

  13. tolong bantu gan ..
    saya udah coba ikuti petunjuk driver sperti diatas. tp tetep aja MODEM ZTE MF627 saya UNDETECT SIM.. harus diservice kah? tau tidak tempat service modem itu di daerah JAKARTA???
    mohon bantuannya gan :(

    1. Petunjuk yang saya paparkan pada tulisan ini adalah jika modem tidak terdeteksi oleh komputer pada Windows 7. Adapun jika SIM yang tidak terdeteksi, coba ikuti langkah-langkah berikut:

      1. Coba ganti sim card yang lain
      2. Coba pasang modem di lain komputer (dengan menggunakan sim card yang sama dan berbeda)

      Jika kedua cara di atas masih menghasilkan problem yang sama, kemungkinan modem anda rusak.

      Kalau tempat service modem, saya belum pernah tau. Biasanya kalau ada masalah saya langsung tukarkan kembali ke toko (masih dalam masa garansi).

  14. saya pake modem 3 type ZTE MF 622. saya pake kartu 3. tp kalo di pake di windows 7 bisa. kalo d komputer saya sendiri pake windows XP gk bisa. knp ya??
    kartunya gk terdeteksi :( :(

  15. thanks ya mas…. akhirnya aku bisa konek pake’ modem zte.. selama ini aku nyari2 di artikel lain g’ nemu.. akhirnya nemu disini.. terimakasih juga buat cristian vega…

  16. aku pake stc mf825a tapi begitu aku instal terus mau masuk ke menu selalu minta pasword ga ngerti, mohon bantuanya dong..

  17. bang, saya pake stc mf825a, tapi begitu saya colok modemnya, rom modem/drivernya gak muncul..
    sebelumnya lancar jaya, terus tiba tiba modem gak kedetect,
    sekarang udah kedetect namun drivernya gak muncul, alhasil tidak bisa konek..
    mohon bantuannya

  18. gan q mau tanya modem ku ZTE mf180 3.5 G warna putih. kemarin aku install driver manager bawaan modem ke OS WIn 7 Ultimate 64bit dan berhasil ke install,tetapi kenapa yah aplikasi connection manager ZTE pas dibuka kok kagak bisa run. padahal sebelumnya dulu saat q pakek OS Win 7 yang 32 Bit lancar2 aja… Alhasiil q kagak bisa connect,, kira2 apa penyebabnya gan???,atau karena OS Win7 64 Bit kagak compatible sma Driver bawaanya ?? udah browsing2 tp masih belum ketemu solusinya,, mohon bantuanya

  19. ampuh jurus jitunya.. setelah sekian bulan modem tsb nganggur gara entah kenapa komputernya error, akhirnya bisa dipake lagi.
    Terima kasih banyak ya

Leave a Reply