Teknologi Entertainment Masa Depan AMD – Menambah Asyiknya Nge-Game

amd-technology-featured

Impian para PC gamers adalah mendapatkan pengalaman terbaik bermain game dengan sistem yang ia miliki. Game yang berjalan lancar (smooth) dengan FPS tinggi, setingan grafis tinggi (ultra settings), resolusi layar tinggi, multi monitor, tekstur HD, dan beberapa faktor lainnya. Dari begitu banyak faktor yang ada, dari sisi pengalaman bermain game, saya simpulkan menjadi tiga hal yang akan membuat pengalaman bermain game menjadi lebih dari sekedar bermain game. Ketiga hal tersebut yaitu, performa tinggi, tampilan grafis berkualitas tinggi yang memukau, dan suara 3D yang membuat suasana dalam game menjadi terasa realistis.

Untuk memenuhi ketiga hal yang tersebut, AMD memiliki berbagai inovasi teknologi yang mendukung meningkatkan pengalaman gamers dalam bermain game. Berikut beberapa teknologi AMD yang saya rangkum yang dapat membantu gamers bisa mendapatkan pengalaman bermain yang lebih asyik.

HSA (Heterogeneous System Architecture)

hsa-gpu-cpuPada acara AMD Bloggers Day lalu, bapak Victor Herlianto selaku petinggi AMD Indonesia menjelaskan tentang APU dan HSA. CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphic Processing Unit) bisa dianalogikan sebagai otak kiri dan otak kanan. CPU pada komputer bisa diibaratkan sebagai otak kiri manusia dengan fungsi melakukan kalkulasi matematis. Sedangkan GPU bisa diibaratkan sebagai otak kanan manusia yang fungsinya khusus untuk melakukan perhitungan grafis. Namun AMD melihat GPU tidak hanya sebagai unit yang hanya dapat melakukan penghitungan grafis saja.

amd-a-seriesGPU ternyata memiliki bakat yang luar biasa diluar kinerja gaming. Bahkan GPU bisa mengolah perhitungan paralel yang intensif jauh lebih efisien dibandingkan dengan CPU. HSA menggabungkan kemampuan khusus CPU, GPU, dan berbagai elemen pengolahan lainnya ke dalam satu chip yang disebut dengan APU (Accelerated Processing Unit). Dengan demikian HSA menjadikan CPU dan GPU menjadi sebuah tim yang akan mengerjakan pekerjaan secara bersama sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan efisien. Efeknya adalah peningkatan kinerja yang lebih tinggi dan efisiensi sumber daya. Teknologi HSA ini sudah ada pada produk APU AMD A10-7850K (Kaveri) dimana dalam satu unit APU terdapat 4 inti CPU dan 8 inti GPU, sehingga terdapat 12 unit inti hanya dalam satu chip. Tentunya produk APU dari AMD yang menerapkan teknologi HSA ini akan membuat komputer gamers berjalan dengan performa tinggi sehingga game-game berat yang membutuhkan komputasi yang tinggi akan terasa lebih ringan.

AMD Mantle API

amd-mantle-logoBagi enthusiast gamer tentunya sudah tidak asing dengan nama DirectX dan OpenGL. Keduanya merupakan Graphics API (Application Programming Interface), yaitu sebuah software yang digunakan oleh developer untuk mengakses berbagai fungsi pada hardware. Graphics API menjembatani komunikasi antara game 3D dengan GPU-nya. Dari kedua Graphics API tersebut, DirectX merupakan API yang paling sering digunakan dalam game.  Ternyata DirectX masih memiliki kelemahan untuk melakukan rendering. Pada DirectX, CPU memiliki beban untuk menerjemahkan tugas rendering ke GPU dengan bantuan driver untuk melakukan proses render sehingga seperti ada jembatan untuk melakukan rendering dari CPU ke GPU. Karena itu CPU dirasa tidak dimanfaatkan secara maksimal.

amd-mantleAMD melakukan inovasi dengan membuat Graphics API sendiri dengan nama Mantle. Secara teknis Mantle akan melakukan efisiensi dengan memanfaatkan sumber daya CPU secara maksimal untuk mengolah render 3D tanpa harus diterjemahkan terlebih dahulu oleh driver. Efeknya adalah peningkatan performa yang lebih tinggi dan efisiensi penggunaan CPU hingga 100% untuk proses rendering. Bahkan pada processor multicore, semua core CPU digunakan untuk proses rendering, dibandingkan dengan DirectX yang tidak memanfaatkan semua core CPU. AMD Mantle API dapat meningkatkan performa hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan DirectX.

Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang AMD Mantle API pada artikel Review Performa AMD Mantle pada CPU kelas Mainstream dari Jagat Review untuk mengetahui lebih jauh review dari AMD Mantle.

Dukungan Layar Ultra HD (4K)

Saat ini rasanya sudah umum sekali penggunaan layar Full HD (1080p) untuk bekerja atau bermain game. Tentunya bermain game dengan layar Full HD akan terasa lebih “wah” dibandingkan dengan layar standar. Namun, anda akan merasakan lebih “WAH!!!” lagi jika anda menggunakan layar Ultra HD (4K)! Walaupun saat ini monitor Ultra HD (4K) masih belum terlalu ramai di pasaran, teknologi AMD seperti Kaveri sudah mendukung layar Ultra HD (4K) untuk bermain game. Saya sendiri sempat menjajal bermain game Battlefield 4 dengan pengaturan grafis high quality menggunakan layar Ultra HD (4K) di acara AMD Bloggers Day kemarin. Wah, rasanya betah banget deh maennya. Tampilan game menjadi lebih luas, lebih jernih, dan lebih detail! Sayang sekali, monitornya tidak bisa dibawa pulang. Hehehe …

4k-display

AMD Eyefinity Technology

Tidak puas bermain game hanya dengan satu layar? Ingin melihat game dengan tampilan yang lebih luas?  Teknologi AMD Eyefinity dapat membantu gamers untuk menggabungkan beberapa monitor menjadi satu kesatuan dengan dukungan hingga enam monitor sekaligus. Dunia dalam game akan telihat lebih jelas dan lebih luas lagi dengan resolusi tinggi yang didapatkan dari multidisplay. Dengan demikian pengalaman bermain akan lebih terasa mengasyikkan bukan?

amd-eyefinity-technology-multi-display-thief

AMD TressFX Hair

cloud-ff-ac

tressfx-logoSaat pertama kali film Film Fantasy Advent Children ditayangkan, banyak sekali orang yang kagum dengan hasil rendering 3D pada film tersebut, terutama rambut dari karakter yang terlihat sangat detail setiap helainya. Teknologi TressFX Hair merupakan teknologi dari AMD yang dapat melakukan hal serupa pada game. TressFX Hair dapat menampilkan rambut karakter pada game lebih detail hingga helaian rambut. Selain tampilan yang lebih detail, pergerakan rambut yang ditiup oleh angin pun akan terlihat lebih natural dengan teknologi TressFX Hair. Tentunya hal ini akan lebih menarik dibandingkan dengan tampilan rambut standar yang terlihat lebih kaku. Video berikut ini menampilkan perbedaan game Tomb Rider antara menggunakan TressFX Hair dan tidak menggunakan TressFX Hair.

Video di atas jelas sekali menampilkan perbedaan rambut Lara Croft sang tokoh Tomb Rider antara menggunakan TressFX dengan tidak menggunakannya. Pada tampilan yang menggunakan TressFX, rambut Lara Croft terlihat lebih detail helai rambutnya dan terlihat lebih natural gerakan rambutnya saat tertiup angin.

AMD TrueAudio Technology

amd-trueaudio-technology-logoPengalaman bermain game tidak hanya sebatas dari visual yang memukau saja. Apalah artinya tampilan game yang memukau tanpa didukung dengan kualitas audio yang baik. Bagaikan sayur yang kurang garam, game yang ditampilkan dengan Eyefinity 6 layar monitor full HD tidak akan terasa “wah” jika hanya disajikan dengan kualitas audio standar. Efek suara gemercik air, suara semilir angin, tembakan, ledakkan, dan lainnya akan membuat game terasa lebih hidup. AMD memanjakan telinga para gamers dengan AMD TrueAudio technology sehingga gamers bisa menikmati permainannya lebih sekedar bermain. TrueAudio menyajikan audio 3D yang detail sehingga membuat gamers akan merasa seolah-olah persis berada di dalam game. Menariknya TrueAudio technology dapat dinikmati dengan perangkat audio stereo biasa. Jadi tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membeli perangkat gaming audio yang mahal. Tidak percaya? Silahkan lihat video berikut dan dengarkan suaranya dengan perangkat audio standar yang biasa anda gunakan. Tentunya akan lebih terasa jika menggunakan headset.

Bagaimana? Terasa jelas perbedaannya? Teknologi TrueAudio ini sangat membantu bagi gamers khususnya dalam bermain game ber-genere FPS, karena suara langkah kaki dan suara arah tembakan akan menentukan di mana posisi musuh berada. Dengan TrueAudio, posisi musuh akan dapat diketahui lebih tepat dibandingkan dengan audio stereo biasa.

Kesimpulan

me-at-amd-bloggers-daySeperti yang saya sebutkan di awal, bahwa tiga unsur yang membuat game terasa menjadi lebih asyik adalah performa, grafis, dan audio. AMD memiliki semua teknologi yang dibutuhkan gamer untuk memenuhi ketiga unsur tersebut. Untuk performa AMD memiliki teknologi APU dan HSA serta AMD Mantle API yang akan meningkatkan kemampuan sistem dalam menjalankan game. Tampilan grafis yang memukau didukung oleh teknologi yang layar Ultra HD dan Eyefinity untuk multidisplay sehingga tampilan game semakin detail dan luas, serta TressFX yang menampilkan detail rambut yang luar biasa. Dari sisi audio, AMD memberikan pengalaman yang 3D audio yang lebih realistis dengan teknologi True Audio sehingga pemain bisa merasakan keberadaan dirinya di dalam game.

Sumber:

Leave a Reply