Windows Server 2003 Akan Segera Berakhir – Let’s Move On!

win2k3endisnearTinggal beberapa hari lagi tepatnya tanggal 14 Juli 2015 nanti, Microsoft akan menghentikan dukungan layanan terhadap Windows Server 2003. Artinya, Windows Server 2003 akan mendapatkan berbagai resiko terutama ancaman keamanan. Jika ada bugs atau celah-celah keamanan baru yang ditemukan pada Windows Server 2003 setelah tanggal tersebut, tidak akan ada lagi update yang diberikan oleh Microsoft. Ini sangat berbahaya bagi kelangsungan bisnis anda.

It’s Time to Move On!

Bagi anda yang masih tetap ingin melanjutkan bisnis dengan aman, saatnya anda harus “move on” ke teknologi yang terbaru. Dengan migrasi ke Windows Server 2012 R2, Microsoft Azure, atau Office 365, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, seperti peningkatan performa, perawatan yang lebih sedikit, dan meningkatnya kecepatan bisnis anda beradaptasi dengan tren bisnis saat ini.

banner-2

Untuk melakukan migrasi, tentunya anda juga membutuhkan perencanaan yang baik. Namun, anda tidak perlu khawatir. Microsoft memberikan langkah-langkah persiapan migrasi pada situsnya. Pada situs Microsoft ada empat langkah yang disarankan oleh Microsoft untuk melakukan migrasi, yaitu:

  1. Discover: Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengetahui aplikasi dan beban kerja apa saja yang sedang berjalan di Windows Server 2003 saat ini.
  2. Assess: Setelah mengetahui  apa saja aplikasi dan beban kerja, selanjutnya dikategorikan berdasarkan tipe, kepentingan, dan kompleksitasnya. Mungkin saja setelah dipilih dikategorikan ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak diperlukan lagi atau tidak efisien untuk kelangsungan bisnis sehingga tidak perlu ikut dimigrasi.
  3. Target: Tentukan target migrasi untuk setiap aplikasi atau beban kerja yang sudah dipilih. Apakah akan dimigrasi ke data center yang baru yang atau ke cloud dengan layanan cloud seperti Microsoft Azure.
  4. Migrate: Rencanakan kapan waktu migrasi akan dilaksanakan. Apakah migrasi akan dilakukan sendiri, dengan tim, atau menggunaan jasa pihak ketiga.

Anda ingin migrasi dengan teknologi baru yang lebih cepat dan efisien? Mungkin sebaiknya anda mencoba Microsoft Azure.

Apa itu Microsoft Azure?

microsoft-azure1

Secara singkat, Microsoft Azure merupakan layanan komputasi awan (cloud computing) dari Microsoft dengan berbagai layanan terintegrasi, seperti: komputasi, penyimpanan, data, jaringan, dan aplikasi. Azure membantu pelanggannya untuk bergerak lebih cepat, melakukan lebih, dan menghemat biaya. Azure merupakan gabungan dari infrastructure-as-a-service (IaaS) dan platform-as-a-service (PaaS). Gabungan dari keduanya membuat infrastruktur IT menjadi lebih sederhana dan mudah, sehingga penggunanya dapat lebih fokus untuk membangun, menyebarkan, atau mengatur aplikasi untuk produktifitas.

Apa Saja yang Dapat Dilakukan dengan Azure?

Banyak hal yang dapat anda lakukan dengan Azure, seperti membangun infrastruktur IT yang lebih ringkas dan mudah (Virtual Machine, Virtual Network, Storage, Backup, Recovery, atau pun komputasi data besar), membangun aplikasi-aplikasi modern populer saat ini (seperti untuk Android, iOS, atau Windows) dengan lebih cepat dan terukur, mendapatkan insight dari data, atau mengatur identitas dan akses pengguna yang dapat diselaraskan dengan data direktori on-premise lokal sehingga menjadi lebih mudah dan aman dengan single sign on access.

azure-compressor

Mengapa Azure?

Azure memberikan SLA 99,95% agar layanan anda selalu tetap eksis. Anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan data anda, karena data anda akan selalu ter-backup (terduplikasi) di data center Microsoft yang tersebar di 19 negara. Biaya yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan anda harus menyediakan layanan infrastruktur sendiri. Anda pun hanya membayar apa yang anda gunakan (pay as you go) sesuai dengan kebutuhan. Layanan Azure pun dapat disediakan lebih cepat dibandingkan jika anda menyediakan layanan secara sendiri (on-premise).

always-up-always-on-horz-compressor

Ingin mencoba Microsoft Azure tetapi masih ragu? Tenang saja, anda dapat mencoba Microsoft Azure trial secara gratis. Anda dapat mendaftarkan diri anda di situs Microsoft Azure dan mendapatkan credit senilai USD $200 untuk mencoba berbagai layanan Microsoft Azure. Jika anda ingin mencoba migrasi ke Microsoft Azure, anda dapat menggunakan versi trial dari Azure tersebut untuk mencoba menjalankan aplikasi-aplikasi anda sekarang pada layanan Microsoft Azure.

Leave a Reply